Adanya Si Kecil Tak Jadi Alasan Biarkan Hunian Tak Rapi

marksandspencer_982011972031400-house-21jan15_pr_bt_639x426

Memiliki buah hati yang masih berusia balita atau anak-anak tentu sangat menyenangkan, terutama saat melihat mereka tumbuh berkembang dan berkreasi setiap hari. Namun sayangnya saat anak-anak bereksplorasi dan berkreasi dengan lingkungannya kekacauan di dalam hunian pun tidak dapat dihindari.

Namun jangan biarkan si kecil menjadi alasan membiarkan hunian Anda menjadi terlihat berantakan setiap saat. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga hunian tetap rapi tanpa menghentikan kreatifitas si kecil.

Sediakan Tempat

Anak-anak tentu memiliki berbagai mainan dengan berbagai ukuran, oleh karena itu sediakan tempat khusus untuk menyimpan mainan anak-anak tersebut, seperti rak dan lemari. Dengan demikian anak-anak dapat mengetahui dimana dia dapat mengambil dan mengembalikan mainan pada tempatnya.

Mulai Sortir Barang-Barang Yang Ada

Tentu tidak semua mainan akan terus dimainkan oleh buah hati Anda. Saat mereka sudah mulai besar, ajak anak-anak untuk memilah dan memilih mainan mana yang masih mereka mainkan dan mana yang bisa disisihkan. Saat mengajak anak-anak melakukan aktifitas ini, lakukan tanpa paksaan agar tidak ada efek negatif yang timbul di masa depan.

Bagi Tanggung Jawab

Membersihkan dan merapikan rumah tentu tidak hanya menjadi tugas dan kewajiban ibu saja, seluruh keluarga pun harus memiliki porsi yang sama. Oleh karena itu ajarkan mereka untuk mulai bertanggung jawab dalam kebersihan rumah, terutama pada kamar dan barang-barangnya sendiri.

Beri Ruang Untuk Karya Anak

Di rumah maupun di sekolah anak sering membuat karya. Untuk memberikan apresiasi pada karya buah hati Anda, berikan ruang khusus untuk memajang hasil karya mereka agar mereka merasa senang dan dihargai.

Memulai Pagi Dengan Baik

Segalanya tumbuh dari kebiasaan. Oleh karena itu biasakan agar anak-anak mengembalikan segala sesuatu ke tempatnya. Dan di pagi hari, Anda dapat mulai mengajarkan anak agar terbiasa merapikan kamar.

BACA JUGA:
Tips Memilih Sofa Untuk Apartemen Bergaya Minimalis
Tips Mendekorasi Apartemen Baru Tanpa Menguras Kantong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *