Tips Cek Kualitas Bangunan Hunian Sebelum Membeli

membangun-rumahh

Membeli rumah maupun apartemen bukanlah perkara sederhana. Ada banyak hal yang perlu dipastikan agar nantinya Anda tidak menyesal karena mendapatkan kerugian.

Salah satu hal yang perlu dipastikan saat akan membeli rumah atau apartemen adalah kondisi fisik bangunan. Memastikan fisik bangunan dalam kondisi terbaik sangatlah penting karena hal ini bisa berpengaruh pada harga maupun kekuatan bangunan.

Jika Anda membeli rumah yang belum dibangun atau inden, maka Anda perlu memastikan dengan pihak developer tentang kualitas dan spesifikasi bangunan. Mintalah informasi atau pemberitahuan jika ada yang diubah sewaktu-waktu oleh pihak developer.

Agar lebih jelas, simak penjelasan tentang apa saja yang perlu diperhatikan saat memastikan kualitas bangunan rumah, baik baru maupun seken berikut ini.

Dinding

Perhatikan setiap sudut permukaan dinding dan pastikan tidak ada retak, noda, serta jamur. Periksa terutama pada area-area yang lembap dan basah seperti kamar mandi, area cuci piring, dan dapur.

Plafon

Untuk rumah baru Anda mungkin tidak perlu memastikannya dengan seksama. Pastikan saja bahwa spesifikasi material sama seperti yang dijanjikan. Namun untuk rumah seken, area plafon harus dipastikan dengan seksama. Pasalnya kadang kerusakan tidak tampak jika dilihat dari luarnya saja.

Dapur

Jika membeli rumah yang sudah dilengkapi dengan perabot, Anda perlu memeriksa setiap perabot ada dalam kondisi yang baik. Salah satu perabot yang wajib diperiksa adalah kitchen set. Pastikan tidak ada kebocoran air yang dapat membuat kayu menjadi rusak dan berjamur.

Instalasi Listrik

Penting untuk memeriksa kondisi instalasi listrik yang ada di dalam rumah atau apartemen. Pasalnya jika tidak dalam kondisi yang baik, kerusakan instalasi listrik dapat menjadi pemicu terjadinya korsleting yang dapat menyebabkan kebakaran.

Sirkulasi Udara & Sanitasi

Selain instalasi listrik, pastikan juga sirkulasi udara yang ada dalam hunian berjalan dengan lancar. Sanitasi juga penting untuk dipastikan agar kesehatan penghuni rumah dapat terjaga.

BACA JUGA:
OPod Tube Housing, Hunian Unik Berbentuk Mirip Pipa Air
Bukan Perabot Biasa! Lemari Ini Sembunyikan Dua Kamar Tidur Di Dalamnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *