Ciri Khas Hunian Bergaya Mediterania

mediterania 3

Gaya arsitektur mediterania mulai populer di Indonesia sejak tahun 1990-an. Hingga kini gaya arsitektur ini masih banyak diterapkan di hunian-hunian yang ditawarkan oleh banyak pengembang perumahan.

Sama seperti gaya arsitektur modern, minimalis, atau klasik, gaya arsitektur mediterania juga memiliki ciri dan karakteristik yang khas. Jika Anda tertarik untuk menerapkan gaya arsitektur mediterania, maka pastikan beberapa ciri berikut ada dalam desain rumah Anda.

Serambi atau Portico

Serambi atau portico adalah salah satu ciri umum yang ada di hunian bergaya mediterania. Teras ini biasanya memiliki tiang penyangga yang letaknya ada di sisi kiri dan kanan pintu masuk.

Pilar atau Kolom

Menjadi bagian dari serambi atau portico, adanya pilar atau kolom merupakan elemen penting yang wajib ada di hunian bergaya mediterania. Bentuk pilar ini pun memiliki struktur dan desain yang tampak kokoh sehingga dapat memberikan kesan megah pada tampilan hunian.

Bentuk & Material Atap

Rumah bergaya mediterania juga dapat terlihat dari bentuk dan material atap. Namun meskipun menerapkan bentuk atap yang berbeda, misalnya datar, perisai, atau jengki, material umum yang selalu digunakan pada atap hunian bergaya mediterania selalu sama, yakni genteng tanah liat berwarna coklat kemerahan.

Dinding

Didesain untuk dapat bertahan di wilayah dengan iklim khas mediterania, maka dinding pun dibuat dengan tujuan agar dapat bertahan diterpa hujan, matahari, dingin, dan juga panas. Oleh karena itu material dinding hunian bergaya mediterania biasanya menggunakan bata tanah liat atau batu alam dengan tekstur asli yang kasar.

Ornamen Lengkung

Ornamen dekorasi yang sering terlihat di hunian bergaya mediterania adalah bentuk lengkung yang tampak di jendela, atau teras. Bentuk ornamen ini dipengaruhi oleh peradaban Roma pada zaman dahulu. Selain lengkung, elemen dekorasi lain yang ada di hunian bergaya mediterania biasanya memiliki detail yang rumit.

BACA JUGA:
Ragam Gaya Arsitektur Hunian Mediterania
Sejarah Gaya Arsitektur Mediterania

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *