Mulai Ajukan KPR Jika Sudah Miliki 7 Tanda Ini

Ilustrasi membeli properti1

Untuk memiliki sebuah hunian kini menjadi salah satu prioritas yang banyak diusahakan oleh banyak orang. Terlebih semakin hari harga hunian seperti rumah dan apartemen semakin naik. Oleh karena itu Anda pun tidak boleh melewatkan waktu dan mulai merancang masa depan.

Saat ini banyak produk KPR yang ditawarkan untuk dapat mempermudah memiliki hunian sendiri. Jika selama ini Anda masih tinggal di rumah atau apartemen kontrak, maka Anda dapat mulai merencanakan untuk mengajukan KPR. Namun sebelum memutuskan untuk mengajukan KPR ada beberapa hal yang perlu Anda pastikan.

Tidak Punya Hutang

Saat akan mengajukan KPR, hal pertama yang perlu Anda pastikan adalah tidak memiliki hutang kepada pihak manapun. Hal ini untuk memastikan bahwa pemasukan bulanan yang ada tidak terganggu dan pembayaran KPR pun dapat berjalan lancar.

Punya Tabungan Untuk Keperluan Mendadak

Sangat penting untuk memiliki tabungan sebagai dana cadangan jika ada keperluan mendadak. Meskipun saat ini jumlahnya tidak banyak tetapi Anda harus mempertahankan dan menambah jumlahnya setiap bulan. Dan jika ada keperluan mendadak yang membutuhkan dana maka Anda tidak akan kebingungan.

Punya Tabungan Uang Muka

Biasanya uang muka jumlahnya sekitar 20 persen dari harga properti yang dijual. Namun saat ini terdapat wacana bahwa jumlahnya dapat diturunkan menjadi 15 persen. Jika Anda memiliki hunian impian, maka Anda dapat memulai untuk menabung uang muka sebagai salah satu syarat pengajuan KPR.

Punya Riwayat Pinjaman Yang Lancar

Saat seseorang mengajukan KPR, biasanya bank akan melakukan pemeriksaan dan riset terhadap catatan keuangan Anda, mulai dari buku tabungan hingga kartu kredit. Dan jika tidak ditemukan riwayat yang buruk, maka Anda pengajuan KPR Anda dapat diterima dengan mudah.

Punya Perkakas dan Ketrampilan Memperbaiki Rumah

Kesiapan memiliki hunian pribadi dapat dilihat jika Anda memiliki perkakas rumah dan juga keterampilan untuk memperbaiki rumah dalam skala kecil. Meskipun terlihat sepele namun hal ini penting untuk menghemat pengeluaran perbaikan rumah, seperti saat genteng bocor, lampu listrik putus dan yang lainnya.

Menyukai Daerah Tertentu dan Betah Tinggal Minimal 5 Tahun

Kendala yang biasa dihadapi pengontrak adalah saat memutuskan untuk mengontrak di suatu tempat dan tidak betah sehingga harus berpindah-pindah rumah. Namun jika Anda merasa nyaman dan betah untuk tinggal di daerah tersebut dalam waktu minimal 5 tahun ke depan maka mengajukan KPR dapat menjadi pilihan yang tepat.

Ingin Bebas Mendekorasi Hunian

Saat mengontrak rumah atau apartemen, biasanya Anda tidak akan bebas jika ingin mendekorasi hunian sesuai dengan keinginan. Namun jika Anda merupakan orang yang suka mengekspresikan diri melalui interior hunian, maka memiliki hunian sendiri adalah pilihan yang paling tepat karena Anda akan dapat bebas berkreasi.

BACA JUGA:
Adanya Si Kecil Tak Jadi Alasan Biarkan Hunian Tak Rapi
Tips Memilih Sofa Untuk Apartemen Bergaya Minimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *