Perhatikan Hal Ini Agar Tak Tertipu Saat Beli Hunian

ilustrasi pengembang properti

Membeli rumah atau apartemen bukanlah perkara sederhana. Ketidaksiapan serta kurangnya pemahaman seputar jual-beli properti bisa membuat konsumen merasa tertipu oleh pengembang saat membeli rumah atau apartemen.

Masalah yang sering muncul saat transaksi jual-beli properti cukup beragam, mulai dari service charge, pengembalian DP, IPKL, dan yang lainnya. Agar hal-hal seperti ini tidak terjadi pada Anda saat membeli rumah maupun apartemen, perhatikan beberapa hal penting berikut ini.

Cermat

Sebagai konsumen, Anda harus cermat dalam memperhatikan setiap hal sebelum melakukan transaksi jual-beli properti. Pastikan pengembang telah memiliki izin resmi dan pihak-pihak terkait. Pastikan juga setiap dokumen yang berkaitan tersedia dan tidak dalam sengketa.

Berhati-hati

Jangan terburu-buru saat akan membeli properti. Pastikan Anda telah memeriksa surat dan dokumen terkait lahan yang dijual. Saat membeli perumahan, Anda dapat menanyakan sertifikat induk milik pengembang. Sertifikat ini menjadi salah satu jaminan yang dapat memastikan perumahan tersebut tidak bermasalah.

Tidak terburu-buru

Jika Anda memanfaatkan fasilitas KPR untuk membeli rumah, maka jangan terburu-buru memberikan uang DP pada pihak developer. Pastikan pengajuan KPR Anda telah diterima oleh bank. Pasalnya jika Anda memberikan DP sebelum adanya kejelasan bahwa KPR Anda diterima bank, maka jika KPR Anda ditolak maka akan sulit untuk meminta kembali DP yang sudah Anda berikan.

Pahami Perjanjian

Dengan nilai transaksi yang besar, maka Anda tentu tidak ingin mengalami kerugian di kemudian hari yang disebabkan oleh tindakan wanprestasi dari pihak developer. Oleh karena itu pastikan Anda paham betul tentang isi dari perjanjian jual-beli rumah yang telah disepakati.

BACA JUGA:
Perhatikan Hal Penting Berikut Saat Renovasi Hunian Minimalis Part II
Perhatikan Hal Penting Berikut Saat Renovasi Hunian Minimalis Part I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *