Membuat Ruangan Sejuk Tanpa Pendingin Ruangan

Tanaman dalam ruangan

Sebagai wilayah dengan iklim tropis yang cenderung panas, membuat udara di dalam rumah atau apartemen juga sering terasa panas, terutama di musim kemarau. Untuk mengatasi hal ini, tidak sedikit orang yang menggunakan pendingin ruangan sebagai solusinya.

Namun terus-terusan menggunakan pendingin ruangan juga tidak baik, terutama bagi kulit dan juga bagi dompet. Pasalnya penggunaan pendingin ruangan menghabiskan banyak daya listrik.

Agar ruangan tetap terasa sejuk meski tidak menggunakan pendingin ruangan ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Simak tipsnya berikut ini.

Ventilasi Silang

Model ventilasi silang sering dijadikan trik untuk membuat rumah menjadi terasa lebih sejuk meski tanpa menggunakan AC. Ventilasi silang membuat sirkulasi udara tetap lancar karena posisi ventilasinya yang saling berhadapan. Udara kotor dan panas akan cepat keluar dan berganti menjadi udara dingin dan bersih dengan sistem ventilasi silang tersebut.

Plafon Tinggi

Menggunakan plafon tinggi juga dapat membuat hunian menjadi terasa lebih sejuk. Pasalnya udara panas tidak akan mudah masuk ke dalam ruangan, tetapi masuk ke dalam rangka atap. Namun pastikan aliran udara di dalam ruangan dapat mengalir lancar dengan menambahkan jendela di samping, depan maupun belakang.

Pemilihan Material

Pemilihan material juga dapat memberikan pengaruh yang siginifikan pada suhu dalam ruangan. Pilih material yang memiliki kemampuan untuk menahan panas, misalnya aluminium peredam panas, genting tahan panas yang terbuat dari tanah liat, dan yang lainnya.

BACA JUGA:
Tahun Baru, Waktunya Pindah Ke Rumah Baru
Tips Agar Mencicil Langsung Ke Pengembang Lebih Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *