Tips Pintar Sewakan Apartemen

Ilustrasi Sewa Apartemen/huffingtonpost.com
Ilustrasi Sewa Apartemen/huffingtonpost.com

Investasi di bidang properti kini banyak dilirik sebagai salah satu jenis investasi yang menjanjikan. Tidak hanya berupa rumah maupun tanah, apartemen juga menjadi salah satu investasi properti yang banyak diminati seiring berkembangnya perekonomian masyarakat kelas menengah atas. Pertumbuhan bisnis properti yang semakin meningkat menjadikan harga jual maupun sewa apartemen juga ikut terangkat.

Jika Anda memiliki sebuah apartemen namun tidak ditempati, alangkah baiknya jika apartemen tersebut disewakan. Namun ada beberapa hal yang peru diperhatikan dan dipahami sebelum Anda memutuskan untuk menyewakan apartemen tersebut. Berikut beberapa penjelasannya.

Hitung Biaya

Agar tidak mengalami kerugian, Anda harus memastikan bahwa harga sewa apartemen yang ditetapkan dapat memberikan keuntungan. Hitung taksiran biaya perawatan selama masa sewa apartemen berjalan. Biaya perawatan tidak boleh lebih besar dari harga sewa apartemen yang Anda tetapkan. Selain itu pertimbangkan pula untuk memasukkan biaya asuransi, sehingga jika hal yang tidak diinginkan terjadi, Anda masih memiliki cadangan untuk menutupi biaya-biaya tambahan yang lain.

Pengaruh Lokasi

Lokasi tempat apartemen Anda berada sangat berpengaruh pada harga sewa apartemen itu nantinya. Semakin strategis lokasi, maka akan semakin tinggi harga sewa yang dapat Anda tentukan. Selain lokasi, ada beberapa faktor lain yang juga menjadi penentu tinggi atau rendahnya harga sewa apartemen, antara lain fasilitas dan perkembangan wilayah di sekitar apartemen.

Berbenah dan Renovasi

Tidak sedikit orang yang menyewakan apartemen. Jadi untuk memenangkan persaingan, Anda harus memastikan apartemen yang Anda miliki sudah memenuhi kriteria untuk layak disewakan. Lakukan beberapa pembenahan dan renovasi sederhana, seperti mengecat ulang dinding agar tampak bersih dan baru. Meskipun tampak sederhana, namun hal ini akan berpengaruh bagi calon penyewa yang mempertimbangkan segala aspek sebelum menandatangani kontrak.

Cerdas Beriklan

Pilih cara untuk mengiklankan apartemen Anda dengan tepat. Anda dapat memasang iklan sewa apartemen di situs persewaan apartemen yang ada di internet. Jangan menggunakan kalimat yang berbelit-belit. Gunakan kalimat yang jelas namun menarik. Selain itu sertakan pula foto apartemen Anda agar calon penyewa dapat mengetahui bagaimana kondisi apartemen yang akan disewa. Informasikan pula lokasi dan fasilitas apa saja yang ada di apartemen tersebut agar lebih menarik minat calon penyewa.

Manfaatkan Agen Properti

Jika Anda terlalu sibuk untuk mengurus sendiri pengelolaan apartemen yang Anda miliki, maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan jasa agen properti. Dengan menggunakan jasa agen properti, tentu akan ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Namun Anda tidak perlu repot mengelola apartemen yang Anda miliki. Yang harus diperhatikan saat memilih jasa agen properti adalah memastikan reputasi dan kredibilitasnya agar Anda tidak mengalami kerugian di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *