Hasil Survei BI Tunjukkan Harga Properti Naik

properti1

Tidak dapat dipungkiri jika properti merupakan salah satu komoditas yang harganya terus mengalami kenaikan. Hal ini juga ditunjukkan oleh hasil survei yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia pada akhir minggu lalu.

Hasil Survey Harga Properti Residensial Kuartal IV 2017 menunjukkan bahwa harga rumah akan terus mengalami kenaikan di kuartal pertama tahun 2018. Dari survei tersebut, indeks harga properti residensial mengalami kenaikan sebesar 0,55% pada kuartal IV 2017.

Pada kuartal pertama 2018, kenaikan diperkirakan akan lebih tinggi, yakni 0,72%. Meskipun mengalami kenaikan, namun pasar properti belum bisa dikatakan pulih. Kenaikan yang terjadi saat ini tidak banyak berimbas pada properti kelas menengah atas, namun justru pada rumah-rumah tipe kecil.

Pasalnya prosentase kenaikan masih tergolong kecil jika dibandingkan dengan data yang tercatat pada kuartal IV 2016 dengan kuartal I 2017. Beberapa faktor dinilai menjadi penghambat penjualan properti.

Bunga KPR yang tinggi, besarnya uang muka, pajak, pengurusan izin, serta kenaikan material serta jasa dalam membangun properti menjadi beberapa faktor yang menyebabkan pasar properti masih belum menunjukkan kenaikan yang signifikan.

BACA JUGA:
Rumah Terkecil Di Dunia Ukurannya Mirip Peti Mati
Mengintip Interior Rusunawa Untuk Mahasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *