Faktor-faktor Ini Tentukan Harga Jual Hunian Part II

harga apartemen

Tidak dapat dipungkiri jika harga menjadi salah satu faktor penentu yang sangat dipertimbangkan saat membeli rumah atau apartemen. Selain di sesuaikan dengan kemampuan finansial, harga juga berpengaruh pada kualitas produk itu sendiri.

Ada banyak hal yang mempengaruhi harga jual hunian. Untuk memahami hal tersebut, simak faktor-faktor yang menentukan harga jual hunian berikut ini.

Reputasi Pengembang

Reputasi pengembang juga menjadi salah satu penentu harga jual sebuah rumah atau apartemen. Semakin baik reputasi pengembang, maka harga hunian akan cenderung lebih mahal. Hal ini disebabkan oleh respon pasar yang lebih percaya pada komitmen dan kualitas yang ditawarkan oleh pengembang ternama.

Biaya Tambahan

Biaya tambahan, mulai dari pajak, bea, dan yang lainnya terkadang sudah termasuk ke dalam harga rumah. Namun beberapa pengembang memiliki kebijakan lain yang memisahkan biaya tambahan dari harga rumah sehingga harga rumah tampak lebih murah.

Biaya Perizinan

Besarnya biaya perizinan akan tergantung pada birokrasi di suatu wilayah. Jika birokrasi yang perlu dilewati lebih panjang untuk mendapatkan perizinan, maka hal ini akan berpengaruh pada harga jual rumah dan membuatnya lebih tinggi.

Segmen Pasar

Harga hunian di suatu wilayah yang didominasi oleh kaum pebisnis atau pedagang biasanya dibanderol dengan harga lebih mahal dibandingkan dengan wilayah yang penduduknya lebih banyak bekerja sebagai pekerja. Hal ini membuktikan bahwa segmen pasar juga berpengaruh pada harga jual rumah di satu wilayah.

BACA JUGA:
Faktor-faktor Ini Tentukan Harga Jual Hunian Part I
Mengintip Interior Hunian Di Puncak Alaska

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *