Trik Jitu Siasati Ruangan Yang Terlalu Terang

ruang terang

Sebuah ruangan yang sehat membutuhkan pancaran sinar matahari yang cukup untuk dapat membunuh bakteri dan mencegah munculnya dapur. Namun jika sinar matahari yang masuk terlalu banyak justru dapat membuat ruangan menjadi tidak sehat karena dapat membuat mata menjadi cepat lelah dan susah untuk berkonsentrasi.

Selain itu kika cahaya matahari yang masuk terlalu banyak akan membuat ruangan menjadi terlalu hangat bahkan menjadi gerah. Jika terdapat ruangan seperti ini di rumah maupun apartemen Anda, tak perlu bingung. Berikut beberapa trik jitu untuk menyiasati ruangan yang terlalu terang.

Pasang Kerai

Saat cahaya matahari bersinar dengan sangat terik, Anda dapat menutup kerai yang terpasang di jendela ruangan. Dengan menggunakan kerai, Anda dapat menghalau sebagian cahaya matahari yang masuk namun ruangan masih dapat memperoleh cahaya matahari melalui celah pada kerai. Anda dapat menggunakan kerai yang terbuat dari bambu atau kayu. Agar ruangan tidak kehilangan keindahannya, pilih kerai dengan desain yang stylish dengan kayu atau bambu yang tersusun rapi.

Cat Dinding

Di ruangan yang memiliki sinar matahari melimpah, sebaiknya hindari menggunakan warna putih pada dinding. Warna putih memiliki sifat merefleksikan cahaya sehingga dapat membuat ruangan semakin terang. Anda dapat menggunakan warna biru laut atau wallpaper sebagai pelapis dinding.

Hindari pula memilih warna gelap untuk dinding ruangan tersebut karena warna gelap akan menyerap cahaya dan membuat ruangan semakin gerah.

Tanaman

Jika memungkinkan tambahkan beberapa tanaman rambat di dinding luar tempat ruangan tersebut berada. Tanaman tersebut akan berfungsi sebagai pelapis yang dapat mencegah sinar matahari menerpa ruangan secara langsung. Namun perlu pengecekan secara rutin agar akar tanaman tidak merusak dinding bangunan.

Hindari Penggunaan AC Di Siang Hari

Sebaiknya jangan gunakan AC pada siang hari di ruangan tersebut. AC yang terpapar panas dapat membuat kompresor bekerja lebih keras dan membuat penggunaan listrik menjadi boros. Selain itu AC juga dapat rusak dengan cepat. Gantikan dengan menggunakan kipas angin atau dengan membuka jendela agar udara panas dapat keluar dari ruangan tersebut.

Tirai

Anda pun dapat menggunakan tirai untuk menghalau masuknya sinar matahari di ruangan tersebut. Buka salah satu tirai jendela agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam ruangan. Sisanya, tutup dengan menggunakan tirai bermaterial tipis.

BACA JUGA:
Inspirasi Desain Interior Kamar Tidur Untuk Para Pria Lajang
Inspirasi Layout Praktis Untuk Apartemen Tipe Studio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *