Mengenal 4 Jenis Sistem Ventilasi Untuk Hunian Sehat

ventilasi

Kesehatan merupakan salah satu hal yang paling berharga bagi hidup seseorang. Oleh karena itu segala sesuatu yang berhubungan dengan hidup selalu diupayakan agar dapat menujang dan menjaga kesehatan, termasuk desain rumah atau apartemen.

Salah satu fitur kesehatan penting yang wajib ada di dalam sebuah hunian adalah ventilasi. Berfungsi sebagai jalur keluar masuknya udara di dalam hunian, sistem ventilasi dibagi menjadi 4 jenis. Simak penjelasannya berikut ini.

Jendela

Ventilasi yang paling umum dan wajib ada di setiap hunian adalah jendela. Jendela berfungsi sebagai jalur sirkuliasi udara. Keberadaan jendela sangatlah penting agar udara dan suhu di dalam ruangan tetap terjaga sehingga tidak ada penumpukan hawa panas di dalam ruangan.

Loster

Sistem ventilasi kedua yakni loster. Loster merupakan ventilasi dekoratif yang biasanya ada di dinding hunian. Sebagai ventilasi dekoratif, bentuk loster biasanya memiliki pola atau motif tertentu. Loster biasanya dibuat dari berbagai material, tergantung kebutuhan dan kesesuaian desain, seperti kayu, semen, atau keramik.

Jalusi

Jalusi biasanya dipasang pada jendela horizontal. Jalusi memiliki kisi-kisi yang berfungsi untuk mengatur keluar masuknya udara serta menyaring cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Kisi-kisi tersebut dapat diatur dan disesuaikan sehingga banyaknya cahaya yang masuk dapat diatur sesuai kebutuhan.

Exhaust

Exhaust biasanya dipasang pada ruangan yang menghasilkan uap air dan memiliki temperatur yang tinggi, seperti dapur dan kamar mandi. Fungsinya untuk menghilangkan uap air yang panas saat kegiatan masak berlangsung. Di kamar mandi exhaust dapat dipasang di plafon atau di dinding, sedangkan di dapur exhaust dipasang di atas kompor.

BACA JUGA:
Inspirasi Mural Dinding Untuk Percantik Interior Hunian
Tips Mendesain Mini Bar di Apartemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *