Properti Kredit Macet Akan Dilelang Secara Online Oleh BTN

lelang

KPR merupakan fasilitas pembiayaan perumahan yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk membeli rumah atau apartemen. Namun tidak semua orang yang membeli properti secara kredit dapat membayar cicilan dengan lancar.

Jika terjadi non performing loan (NPL) atau kredit macet, maka perbankan pemberi pembiayaanlah yang harus menyelesaikan masalah. Rumah akan disita dan kemudian dijual kembali, baik secara langsung atau kredit melalui lelang.

Biasanya properti yang dijual melalui lelang memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran. Namun tidak semua orang mengetahui informasi mengenai adanya lelang properti tersebut.

Dulu kebanyakan bank melelang aset properti sitaan melalui balai lelang atau rumah lelang yang terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan. Proses lelang di lembaga tersebut cukup rumit, yakni salah satu syaratnya adalah menyetor dana 20% dari harga rumah yang ingin dibeli.

Agar mempermudah akses masyarakat untuk dapat membeli properti yang kredit macet serta untuk mengurangi rasio NPL, bank BTN memulai program lelang properti secara online. Dengan memanfaatkan teknologi, terutama internet, rumah-rumah tersebut dapat dipasarkan dengan cepat kepada siapapun yang berminat.

BACA JUGA:
Agar Tanaman di Dalam Apartemen Selalu Segar
Tips Agar Tak Salah Mendekorasi Apartemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *