Lahan Masih Jadi Kendala Pengembang Untuk Kembangkan Rumah Murah

tanah dijua;

Sejak digulirkan pada tahun 2015 lalu, Program Sejuta Rumah masih menemukan beberapa kendala yang menjadi penghambat para pengembang untuk mengembangkan proyek rumah murah. Salah satu kendala yang membuat pengembang dilema adalah pasokan lahan murah yang terbatas.

Dengan harga rumah yang sudah ditentukan pemerintah, pengembang harus dapat menemukan lahan dengan harga murah untuk mengembangkan proyek. Sayangnya, lahan murah yang tersedia biasanya tidak didukung dengan fasilitas dasar rumah tangga seperti air dan listrik.

Kedua fasilitas tersebut juga menjadi salah satu syarat akad kredit bagi masyarakan yang akan membeli rumah murah. Jika pembangunan proyek rumah murah dipaksakan di atas lahan yang tidak terintegrasi dengan wilayah perkotaan maka pembangunan tentu menjadi tidak efisien.

Lahan yang berada dekat dengan area padat dengan kebutuhan rumah yang juga tinggi biasanya dibanderol dengan harga yang tinggi pula. Hal ini membuat banyak pengembang merasa dilema untuk menjalankan proyek rumah murah.

BACA JUGA:
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menjual Properti
ChopChop Kitchen, Solusi Dapur Cantik Untuk Hunian Mungil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *