Perhatikan 4 Hal Ini Saat Beli Properti Sitaan Bank

membeli properti

Tidak sedikit masyarakat yang memutuskan untuk membeli rumah secara kredit melalui KPR. Namun karena satu dan lain hal, beberapa tidak dapat melanjutkan pembayaran cicilan kredit sehingga rumah pun akhirnya disita oleh bank.

Biasanya rumah atau properti yang telah disita oleh bank akan dijual secara lelang. Harga properti yang ada di lelang biasanya lebih murah, oleh karena itu tidak sedikit orang yang tertarik untuk membeli properti hasil lelang bank.

Jika Anda tertarik untuk membeli properti hasil sitaan bank, ada beberapa hal penting yang wajib untuk diperhatikan. Simak penjelasannya berikut ini.

Cek Fisik

Anda dapat melihat rumah-rumah yang ada dalam daftar lelang melalui foto. Namun sebaiknya luangkan waktu untuk memeriksa kondisi properti secara langsung. Perhatikan kondisi bangunan, kelebihan dan kekurangannya, serta luas tanah. Saat melakukan survei, Anda juga perlu memperhatikan suasana sekitar, akses transportasi, dan sejarah rumah tersebut.

Hitung Harga Pasaran

Kendati biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih murah, Anda tetap perlu untuk memperhitungkan harga pasaran. Anda dapat bertanya ke orang-orang di sekitar lokasi seputar harga properti di kawasan tersebut. Anda juga dapat mengecek harga properti di lokasi tersebut dengan bertanya ke agen properti.

Cek Surat & Sertifikat

Hal ketiga yang tidak boleh dilewatkan adalah memeriksa keberadaan surat dan sertifikat berharga. Pastikan properti tersebut tidak dalam sengketa, memiliki sertifikat dobel, atau sertifikat belum dipecah.

Cek Pembayaran PBB

Agar tidak menemukan masalah di kemudian hari, hal terakhir yang perlu diperiksa adalah riwayat pembayaran PBB. Pastikan bahwa pemilik sebelumnya telah membayar PBB setiap tahunnya sehingga tidak ada tunggakan yang muncul.

BACA JUGA:
Luas Hanya 18 m2, Apartemen Ini Bisa Tampil Elegan
Lahan Masih Jadi Kendala Pengembang Untuk Kembangkan Rumah Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *