Tips Memberi Warna Baru Pada Kabinet Dapur Lama

kabinet dapur

Kabinet dapur adalah salah satu furniture yang menjadi wajah utama sebuah dapur. Jika Anda merasa bahwa kabinet dapur sudah tampak usang dan tidak menarik, jangan terburu-buru untuk membeli kabinet baru sebagai pengganti, terutama jika kabinet tersebut sebenarnya masih dapat digunakan dalam beberapa tahun ke depan.

Agar tampilan dapur tambah baru dan lebih segar, Anda dapat melakukannya dengan biaya yang tidak terlalu besar, yakni dengan mengecat ulang kabinet dapur. Dengan sedikit biaya dan kreatifitas, Anda dapat memperoleh tampilan dapur yang baru. Simak beberapa tips untuk mengecat ulang kabinet dapur lama agar tampak seperti baru berikut ini.

Pemilihan Warna

Untuk tampilan dapur yang lebih segar, Anda dapat memilih beberapa warna cerah seperti warna merah tomat, hijau pinus atau hijau mint. Warna-warna tersebut dapat membuat tampilan kabinet dapur Anda yang sudah usang menjadi lebih atraktif.

Kombinasikan warna merah dengan warna abu-abu agar dapur tampil menawan. Sedangkan jika Anda memilih warna hijau pinus, Anda dapat memadukannya dengan berbagai warna lain karena warna tersebut merupakan salah satu jenis warna yang selalu cocok dipadukan dengan warna apa saja. Namun jika ingin tampilan dapur tampak lebih retro, Anda dapat memadukan warna hijau mint dengan warna ungu muda.

Lepas Pintu Kabinet

Sebagian orang mengira bahwa mengecat ulang kabinet dapat dilakukan tanpa perlu melepas engsel pintu yang ada. Jika Anda melakukan hal itu, hasil pewarnaan ulang tidak akan maksimal. Selain itu juga dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat menyelesaikan seluruh proses pengecatan dan pengeringan.

Sebaiknya lepaskan seluruh engsel pintu dan keluarkan semua laci yang terpasang di kabinet dapur Anda. Dengan demikian Anda dapat dengan lebih leluasa melakukan pengecatan dan proses pengeringan pun dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Bersihkan

Setelah seluruh pintu dan laci terlepas, Anda dapat mulai membersihkan masing-masing komponen dari kabinet dapur yang ada. Gunakan cairan pembersih noda, kain lap atau spons lembut untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel di permukaannya.

Haluskan Permukaan

Jika permukaan pintu atau laci kabinet Anda terdapat masalah seperti lubang atau goresan yang cukup dalam, sebaiknya lakukan proses pendempulan dengan menggunakan dempul kayu. Selanjutnya setelah semua bagian yang tergores sudah terdempul, langkah selanjutnya adalah mulai menghaluskan dengan menggunakan amplas.

Proses pengamplasan penting dilakukan agar hasil pengecatan maksimal. Poles seluruh permukaan kabinet dengan menggunakan amplas dengan lapisan grit agar permukaan kayu halus secara maksimal.

Mengecat

Langkah terakhir adalah melakukan pengecatan. Gunakan cat dengan jenis yang sama seperti sebelumnya. Jika sebelumnya kabinet dicat menggunakan cat kayu, maka pengecatan ulang pun juga harus dilakukan dengan menggunakan cat kayu. Hal ini juga berlaku jika kabinet dicat dengan menggunakan politur.

Gunakan kuas berkualitas agar hasil pengecatan lebih maksimal dan halus. Selain itu lakukan pengecatan pada permukaan kabinet dengan mengikuti arah serat kayu. Jika dilakukan berlawanan arah maka hasilnya akan kurang bagus. Jika semua permukaan sudah tertutup cat maka keringkan selama beberapa jam. Lakukan pengecatan ulang jika diperlukan agar hasil lebih rata dan sempurna.

BACA JUGA:
Memanfaatkan Bonus Tahunan Untuk Investasi Properti
Ceriakan Pesta Di Rumah Dengan Dekorasi Murah Meriah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *