Mendesain Hunian Mungil Yang Fungsional & Estetis

hemat-ruang-di-rumah-kecil-2

Hunian yang ideal jika mengacu pada ketentuan standar layak huni, maka luas ruangan per orang mencapai 8-9 meter persegi. Jika terdapat empat orang anggota keluarga di dalam rumah atau apartemen, maka luas minimal hunian adalah 32-36 meter persegi.

Namun saat ini harga hunian terus melambung dan agar dapat dijangkau masyarakat kalangan menengah bawah, maka hunian hadir dengan luas yang kian menyempit. Dengan luas yang terbatas sebagai tantangan, mendekorasi hunian mungil bukanlah hal yang mudah.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat mendesain hunian mungil agar menjadi fungsional tanpa mengesampingkan kesan estetika yang ada. Hal terpenting saat mendesain hunian mungil adalah layout furniture harus terintegrasi dengan ruangan yang ada.

Jalur sirkulasi harus dipikirkan dengan malang agar ruangan menjadi lebih efisien. Kenyamanan tetap menjadi prioritas saat mendesain hunian mungil. Dekorasi dapat ditambahkan ketika kebutuhan primer dalam ruangan telah terpenuhi.

Pemanfaatan ruangan secara maksimal juga menjadi kunci saat mendesain hunian mungil. Selain luas ruangan secara horizontal, area vertikal juga perlu dimanfaatkan secara optimal. Hal ini memberi pengaruh pada pemilihan perabot agar sesuai dengan ukuran ruangan.

Jika terdapat ruang vertikal yang tersedia, maka manfaatkan untuk menciptakan ruang penyimpanan sebanyak mungkin dengan menggunakan rak terbuka atau lemari tertutup sesuai dengan kebutuhan.

BACA JUGA:
Tips Memilih Model & Motif Gorden Yang Tepat
Lavon Tawarkan DP Super Ringan, Hanya 3% Saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *