Trik Agar Penyewa Tak Pergi Meski Tarif Sewa Naik

sewa rumah

Menyewakan properti yang dimiliki merupakan salah satu cara yang banyak ditempuh para pemilik aset investasi untuk memperoleh pemasukan pasif setiap bulannya. Selain menjadi pemasukan pasif, pemilik aset biasanya memiliki kesempatan untuk menaikkan tarif sewa properti yang dimiliki setelah beberapa waktu berjalan.

Menaikkan harga sewa properti bukanlah perkara sederhana. Terdapat beberapa aturan yang perlu dipahami untuk menjaga hubungan antara penyewa dan pemilik properti agar tetap baik. Jika tidak penyewa dapat memilih pergi atau pindah dari hunian Anda setelah harga sewanya dinaikkan.

Berikut beberapa trik dan strategi yang perlu dipahami oleh para pemilik properti yang berencana untuk menaikkan tarif sewa properti.

Rentang Waktu

Pemilik properti tentu memiliki kewenangan penuh atas properti tersebut, namun meski demikian tidak berarti pemilik dapat menaikkan tarif sewa sewaktu-waktu. Sebaiknya pemilik menaikkan harga ketika waktu kontrak berakhir. Dengan demikian penyewa dapat mempertimbangkan untuk melanjutkan atau berhenti menyewa.

Hindari Pemberitahuan Mendadak

Menjelang waktu kontrak berakhir, beri informasi pada penyewa bahwa Anda berencana untuk menaikkan tarif sewa, minimal 30 hari sebelum tanggal kontrak berakhir. Namun jika rencana kenaikan tarif terbilang drastis, misalnya lebih dari 10 persen, maka lebih adil jika Anda memberi informasi pada penyewa lebih awal, seperti 60 hari sebelum tanggal kontrak berakhir.

Beri Kenaikan Tarif Yang Pantas

Kenaikan harga tarif sewa dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni internal dan eksternal. Agar lebih bijak dalam menentukan kenaikan tarif sewa, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu pada harga tanah atau tarif sewa di wilayah tersebut. Secara umum harga kenaikan tarif sewa dalam satu tahun dapat mencapai 10 persen.

Penyewa Berhak Bernegosiasi

Jika penyewa merasa kenaikan tarif sewa terlalu tinggi, penyewa pun berhak untuk bertanya tentang alasan dan melakukan negosiasi bila diperlukan. Pihak pemilik pun sebaiknya terbuka agar hubungan baik yang sudah terjalin antara penyewa dan pemilik tidak berubah menjadi buruk. Meski demikian pemilik properti memiliki kewenangan lebih yang juga harus diketahui oleh penyewa.

BACA JUGA:
Tips Desain Interior Menawan Untuk Kamar Kos Berukuran Kecil
Tips Memberi Warna Baru Pada Kabinet Dapur Lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *