Memanfaatkan Uang THR Untuk DP Rumah

budget

Selain menantikan momen menjalankan ibadah istimewa di bulan Ramadhan, masyarakat di Indonesia biasanya juga menantikan bonus tahunan yang berupa Tunjangan Hari Raya (THR). Uang THR jika tidak dikelola dengan tepat maka akan habis dengan cepat.

Padahal uang THR dapat digunakan sebagai dana tambahan untuk DP rumah impian. Agar impian untuk memiliki rumah segera terwujud, simak tips untuk mengelola uang THR berikut ini.

Hitung Pengeluaran Tahunan

THR merupakan salah satu pemasukan tahunan, maka pengelolaan paling tepat juga harus tahunan. Hitung pengeluaran riil tahunan Anda sebelum menyisihkan uang THR untuk DP rumah. Pengeluaran tahunan yang harus di hitung antara lain, persiapan lebaran, mudik, pembayaran pajak kendaraan, dan yang lainnya.

Sisihkan Setelah Dikurangi

Jika pengeluaran riil tahunan sudah dihitung dan diketahui jumlahnya, maka Anda dapat menggunakan sisa uang THR untuk disisihkan sebagai DP rumah. Sebenarnya Anda dapat menggunakan seluruh uang THR untuk DP rumah, namun hal ini berarti Anda harus menyisihkan uang dari pemasukan bulanan untuk pengeluaran tahunan.

Buat Pengorbanan

Jika DP rumah sudah menjadi target yang harus Anda capai, maka Anda harus rela mengorbankan perayaan Lebaran. Sebisa mungkin Anda harus berhemat agar impian memiliki rumah sendiri segera terwujud.

Jangan Memaksa Diri

Jika uang THR tahun ini memang belum mencukupi untuk membayar DP, maka sebaiknya Anda tidak memaksa diri. Pasalnya hal ini akan memberatkan Anda di kemudian hari.

BACA JUGA:
Menjaga Hunian Tetap Bersih Meski Sedang Puasa
Mengintip Interior Rumah Serba Disney

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *