Mengapa Sertifikat Strata Apartemen Lama Diterbitkan?

sertifikat

Apartemen merupakan tipe hunian yang banyak diminati masyarakat urban. Tak heran jika warga kota biasanya lebih memilih membeli apartemen dibandingkan dengan rumah tapak.

Namun dalam proses pembeliannya, tidak sedikit pembeli apartemen yang mengeluhkan lamanya penerbitan sertifikat hak milik apartemen. Tidak banyak yang mengetahui proses pembuatan sertifikat apartemen sehingga tidak heran jika tidak banyak pula yang tahu mengapa penerbitan sertifikat apartemen membutuhkan waktu yang lama.

Pada dasarnya penyebab lamanya sertifikat hak milik ada beberapa hal. Salah satu faktor yang mempengaruhi dan menjadi kendala dalam penerbitan SHMSRS adalah luas apartemen. SHMSRS dapat diterbitkan jika pengembangan apartemen selesai dilakukan secara keseluruhan.

Jadi misalnya jika luas lahan pembangunan apartemen adalah 10 hektar, namun hanya setengahnya yang telah dikembangkan, maka proses penerbitan SHMSRS belum dalam dilakukan karena proyek belum selesai.

Selain itu SHMSRS juga tidak dapat diterbitkan jika sertifikat tanah atas lahan yang dikembangkan sedang digadaikan oleh pengembang. Sudah tentu saat mengembangkan proyek apartemen developer membutuhkan dana segar yang cukup besar.

SHMSRS juga tidak dapat diterbitkan dengan cepat jika apartemen dikembangkan di atas lahan yang dibeli dari beberapa pemilik tanah. Pengembang terlebih dahulu harus mengubah status tanah dan kemudian melakukan proses balik nama, dan hal ini membutuhkan waktu dan proses yang panjang.

SHMSRS apartemen terkadang memang membutuhkan waktu yang lama untuk diterbitkan. Namun sebelum membeli apartemen, Anda harus memastikan bahwa pengembang merupakan developer yang dapat dipercaya dan apartemen yang Anda beli tidak memiliki masalah legalitas dengan memastikan ketersediaan Izin Lokasi, Izin Prinsip, SKRK, ANDALALIN, AMDAL, dan IMB.

BACA JUGA:
Inspirasi Desain Apartemen Mungil Nan Terang
Memanfaatkan Uang THR Untuk DP Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *