Tahap Penting Sebelum Jual Properti

jual propertii

Menjual properti, baik apartemen maupun rumah adalah hal yang tidak dapat disederhanakan. Ada beberapa tahap penting yang harus dilakukan sebagai persiapan agar properti dapat terjual dengan maksimal. Jika Anda berencana menjual properti yang Anda miliki dalam waktu dekat, berikut beberapa tahap yang harus dilakukan sebelum menjual properti.

Beri Deskripsi Jelas Dan Menyeluruh

Sebelum mulai memasarkan, pastikan terlebih dahulu kondisi properti yang hendak dijual. Perhatikan setiap sudut dari bangunan. Jika perlu mintalah bantuan teman atau tetangga untuk membantu Anda dalam mengoreksi kekurangan yang ada pada bangunan. Catat segala hal penting yang membutuhkan renovasi. Selanjutnya lakukan renovasi sebelum mulai memasarkannya.

Sebutkan Kekurangan Bangunan

Jika ada beberapa hal yang menjadi kekurangan dari bangunan dan Anda tidak dapat melakukan renovasi untuk memperbaikinya, maka jangan coba untuk menyembunyikannya. Sebutkan hal-hal yang menjadi kekurangan bangunan saat Anda mengiklankan properti tersebut. Dengan demikian Anda tidak perlu takut diprotes di belakang hari karena Anda sudah mengungkapkan dari awal.

Perhatikan Kebersihan dan Kerapihan

Saat menerima calon pembeli yang datang untuk melakukan survey, pastikan interior dan eksterior bangunan tampak bersih dan rapi. Jangan biarkan ada kardus, karpet atau lantai ada dalam kondisi yang kotor. Jika diperlukan tata ulang ruangan agar terlihat nyaman dan simpel.

Harga

Agar dapat menentukan harga dengan tepat, cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan membandingkannya dengan bangunan serupa di daerah sekitar. Dengan demikian Anda akan dapat memberikan harga yang tepat sesuai dengan kondisi pasar di sekitar dan juga kondisi bangunan.

Dokumen Penting

Siapkan dokumen penting yang berhubungan dengan properti yang Anda miliki, seperti AJB, BPHTb dan lainnya. Ketidaklengkapan dokumen dapat membuat harga properti menjadi anjlok dan merugikan Anda. Oleh karena itu persiapkan dokumen tersebut, bila perlu Anda dapat memindainya sebagai persiapan saat calon pembeli bertanya sewaktu-waktu.

Bekerja Sama Dengan Agen

Untuk mempercepat penjualan properti, Anda dapat bekerja sama dengan agen properti. Saat memilih agen properti, pastikan Anda datang langsung untuk berkonsultasi sekaligus mengetahui bagaimana cara mereka menawarkan properti kepada klien. Anda juga perlu memastikan bahwa mereka adalah agen yag aktif melakukan follow up kepada calon pembeli.

BACA JUGA:
Trik Agar Penyewa Tak Pergi Meski Tarif Sewa Naik
Tips Desain Interior Menawan Untuk Kamar Kos Berukuran Kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *