Tips Aman Tinggalkan Hunian Saat Mudik Lebaran

mudik

Pulang kampung saat hari raya sudah menjadi ritual tahunan yang biasa dijalani. Bagi yang akan mudik lebaran, maka tentu ada banyak persiapan yang harus dijalani, mulai dari bekal, fisik, alat transportasi yang harus disiapkan hingga mempersiapkan rumah atau apartemen yang ditinggalkan agar aman.

Saat pulang ke kampung halaman, rumah atau apartemen bisa ditinggalkan selama beberapa hari. Agar rumah atau apartemen yang ditinggalkan tetap aman, maka Anda dapat menyimak tips dan panduan dari Kepolisian Polda Metro Jaya berikut ini.

Pertama, sebaiknya hindari membuat rumah tampak kosong karena hal ini dapat menarik perhatian orang jahat. Jika Anda berlangganan koran, maka mintalah agen koran untuk tidak mengirimkan koran selama rumah sedang ditinggalkan. Anda juga dapat meletakkan beberapa alas kaki di depan rumah untuk memberikan kesan ada penghuni di dalam rumah.

Kedua, Anda dapat memasang alat sensor untuk lampu teras. Sensor ini akan membuat lampu menyala secara otomatis saat gelap dan akan padam saat suasana sudah terang. Pasalnya jika lampu teras menyala terus menerus hal ini akan menjadi pertanda bahwa rumah tersebut kosong.

Ketiga, Anda dapat menitipkan pada tetangga atau pada petugas keamanan bahwa Anda akan mudik selama beberapa hari sehingga rumah akan kosong. Dengan demikian jika ada sesuatu yang mencurigakan, tetangga atau petugas keamanan dapat segera memberikan informasi kepada Anda.

Keempat, jika memungkinkan, pasang kamera CCTV di beberapa titik tersembunyi. Dengan adanya kamera pengawas tersebut, Anda dapat memantau kondisi rumah yang ditinggalkan selama mudik lebaran. Untuk mencegah pencuri masuk, Anda juga dapat memasang alarm.

Kelima, cabut semua steker pada komponen kumparan seperti pompa air, kulkas, dispenser, dan yang lainnya. Jika ingin membiarkan kulkas tetap menyala, maka pastikan steker kulkas tidak goyang, isi kulkas seperlunya dan atur pada suhu terendah. Hal ini untuk menghindari korsleting listrik yang bisa menjadi pemicu kebakaran.

Keenam, cabut selang tabuing gas dan pastikan semua keran air tertutup dengan baik. Jika ada keran yang bocor, ganti atau perbaiki terlebih dahulu sebelum rumah ditinggalkan. Dan jangan lupa untuk membuang seluruh sampah yang ada di dalam rumah, serta menutup bak dan penampungan air.

BACA JUGA:
Tampilan Baru Ruang Tamu Saat Sambut Hari Raya
Tips Mendesain Kamar Tidur Mungil Untuk Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *