Tips Mengorganisir Ruang Pantry

pantry1

Beberapa rumah atau apartemen didesain dengan dapur yang dilengkapi dengan pantry. Pantry merupakan ruangan yang digunakan untuk menyimpan semua bahan makanan yang dimiliki.

Untuk itu kerapian dan kebersihan ruang pantry sangat penting agar bahan makanan yang disimpan di dalamnya selalu bersih dan dapat dengan mudah ditemukan saat dibutuhkan. Untuk dapat mendesain dan menata pantry yang keren, simak beberapa tips desain ruang pantry berikut ini.

Jika luas ruangan terbatas, Anda dapat memanfaatkan sela-sela perabot sebagai ruang pantry tambahan. Gunakan rak dengan desain khusus yang dilengkapi dengan roda di bawahnya sehingga Anda dapat dengan mudah meletakkan dan mengembalikan bahan makanan ke tempatnya.

pantry

Agar bahan makanan yang disimpan di ruang pantry aman dari serangan semut dan tikus, gunakan lemari tertutup yang dilengkapi dengan sekat dan rak. Susun bahan makanan berdasarkan kemasan dan tingkat keawetannya.

Jika ingin ruang pantry lebih terorganisir, Anda juga dapat menggunakan wadah-wadah bening sehingga Anda isi yang ada di dalamnya dapat dengan mudah terlihat. Kelompokkan bahan makanan tersebut berdasarkan jenisnya sehingga pencarian pun akan lebih mudah.

Namun jika wadah yang Anda gunakan tidak transparan, Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan label. Tulis apa yang ada di dalam wadah tersebut di label yang tersedia sehingga Anda tidak perlu membuka tutup wadah jika ingin mengetahui isinya.

Penting untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa yang ada di dalam kemasan makanan yang Anda simpan di ruang pantry. Gunakan trik ala swalayan yang selalu meletakkan bahan makanan dengan tanggal kadaluarsa terlama di bagian paling belakang di rak. Sehingga tidak ada bahan makanan yang terbuang karena sudah lewat tanggal kadaluarsanya.

BACA JUGA:
Punya Rumah Sebelum Menikah Bukan Hal Mustahil
Aman & Mudah Miliki Hunian Pasca Menikah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *