Tips Mendekorasi Kamar Bayi

baby bedroom

Kehadiran sang buah hati yang selama ini telah dinantikan tentu menjadi hal yang membahagiakan. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, salah satunya adalah menyiapkan kamar untuk si kecil. Karena perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh kualitas tidur, maka para orang tua hendaknya menyiapkan kamar yang nyaman untuk si kecil.

Berikut beberapa tips untuk mendesain dan mendekorasi kamar bayi yang aman dan nyaman bagi si buah hati.

Pemilihan Perabot

Kamar si buah hati nantinya akan ditempati hingga mereka tumbuh dewasa. Oleh karena itu pilih beberapa perabot berkualitas dan memiliki model yang tidak lekang oleh waktu. Dengan demikian, ketika si kecil sudah beranjak dari bayi menjadi anak-anak atau remaja, beberapa perabot masih dapat digunakan, seperti lemari, dresser dan yang lainnya.

Pastikan juga keamanan dari masing-masing perabot agar si kecil dapat belajar dan bereksplorasi di dalam kamarnya dengan aman.

Beri Ruang Gerak

Jangan terlalu banyak meletakkan perabot di dalam kamar bayi. Sisakan ruang gerak yang cukup agar anak dapat dengan leluasa bermain di dalam kamarnya tanpa perlu khawatir terantuk atau terbentur perabotan yang ada di dalam kamarnya. Tambahkan karpet lembut dan beberapa bantal agar anak dapat dengan nyaman dan aman bermain di lantai kamarnya.

Sebagai Ruang Belajar

Agar anak dapat bermain dan belajar di kamarnya, letakkan beberapa mainan edukatif dan juga poster yang dapat mengenalkan anak dengan huruf, angka dan berbagai jenis binatang. Selain itu Anda juga dapat menyiapkan beberapa buku bacaan ringan yang dapat Anda bacakan sebelum anak pergi tidur.

Sediakan Ruang Penyimpanan

Keberadaan ruang penyimpanan di kamar bayi sangatlah penting untuk menyimpan berbagai keperluan si kecil dengan rapi dan aman. Anda dapat meletakkan sebuah lemari yang dilengkapi dengan rak susun. Di dalamnya Anda dapat mengatur masing-masing barang di rak-rak tersebut dan memisahkan berdasarkan jenis barang.

Sofa

Yang terakhir Anda dapat meletakkan sebuah sofa yang dapat digunakan untuk orang tua duduk atau sekedar berbaring saat menjaga si kecil di malam hari. Dengan demikian Anda tetap dapat memanfaatkan waktu untuk beristirahat sejenak di sela-sela kegiatan menjaga si kecil, terutama saat si kecil masih baru lahir yang memiliki siklus tidur yang masih terbalik.

BACA JUGA:
Memaksimalkan Dinding Sebagai Ruang Penyimpanan Tambahan
Bermain Warna Untuk Ciptakan Suasana Kamar Romantis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *