Awas! 5 Hal Ini Dapat Turunkan Harga Properti

jual properti

Untuk meningkatkan kenyamanan, tidak jarang banyak orang melakukan renovasi sesuai keinginan. Namun dalam merenovasi hunian, sebaiknya perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak mempengaruhi prospek investasi yang ada. Selain faktor lokasi, interior juga berpengaruh pada penentuan harga sebuah hunian.

Agar harga rumah tidak merosot saat akan dipasarkan, simak beberapa hal penting yang sering diabaikan pemilik hunian berikut ini.

Penataan Ruangan

Sebagian orang berpikir bahwa banyaknya perabot dapat menjadi investasi menguntungkan saat hendak menjual hunian full furnish di kemudian hari. Namun perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki selera yang berbeda. Terutama jika furniture yang ada sudah tidak menjadi tren pada saat itu.

Sebelum menjual hunian full furnish, sebaiknya Anda menata kembali isi masing-masing ruangan agar terkesan lebih segar. Anda juga dapat mulai menyortir perabot mana yang perlu disingkirkan dan dapat dipertahankan.

Perhatikan Kebersihan dan Kerapian

Hindari membiarkan ruangan berantakan saat calon pembeli datang untuk melihat-lihat hunian. Pastikan pula dapur, kamar mandi dan ruangan lain tampak bersih. Hal ini sangat berpengaruh terhadap pandangan calon pembeli terhadap hunian yang nantinya akan mereka tempati.

Selera Tidak Selalu Sama

Jika Anda memiliki hunian dan berencana untuk menjualnya dalam waktu dekat, hindari melakukan renovasi berlebihan. Sebaiknya pertahankan desain bangunan utama tanpa memberikan renovasi berlebihan karena hal tersebut terkadang tidak sesuai dengan selera calon pembeli. Selain itu pilih warna cat dinding yang lebih netral. Anda mungkin menyukai warna cat dinding yang mencolok, namun hal tersebut tidak berarti sama dengan yang lain.

Tampilan Depan Hunian

Selain interior, tampilan depan hunian pun dapat mempengaruhi penilaian calon pembeli. Oleh karena itu pastikan tampilan depan hunian tampak rapi dan bersih. Agar nilai tawar hunian dapat meningkat, tidak ada salahnya melakukan sedikit penataan pada bagian depan rumah, terutama area taman.

Membayangkan Keuntungan Yang Belum Ada

Sebelum penawaran dan kesepakatan terjadi antara penjual dan pembeli, sebaiknya hindari melakukan pengeluaran dalam jumlah besar. Hal ini biasanya terjadi jika Anda sudah dari awal membayangkan keuntungan yang diperoleh padahal hal tersebut belum tentu terjadi.

BACA JUGA:
Penyebab Kamar Terkesan Sempit Dan Sesak
Inspirasi Desain Kamar Mungil Untuk Dua Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *