Kurangi Penggunaan Lampu Ruangan Dengan Skylight

Skylight

Ruangan yang sehat adalah ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang cukup dan juga mendapatkan pencahayaan yang baik. Namun terkadang karena beberapa alasan, ruangan yang ada di dalam hunian terpaksa menggunakan lampu di siang hari karena minimnya sinar matahari yang dapat masuk ke ruangan.

Jika Anda mengalami masalah yang sama, tak perlu memasang lampu tambahan atau menyalakan lampu di siang hari untuk menerangi ruangan, cukup dengan skylight. Skylight atau jendela atap transparan adalah solusi tepat untuk dapat membuat sinar matahari masuk ke dalam ruangan dan juga dapat menghemat penggunaan listrik.

Jika Anda berencana membuat skylight di hunian Anda, maka simak beberapa tips berikut agar skylight dapat berfungsi maksimal dan tidak merugikan penghuni rumah.

Sebaiknya arah skylight menghadap ke utara atau selatan. Hal ini untuk menghindari panas yang terbawa oleh sinar matahari masuk langsung ke dalam ruangan. Selain itu sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa ukuran ruangan memiliki luas yang ideal, yakni 7×7 meter. Jika ruangannya terlalu kecil maka skylight justru akan membuat ruangan terasa panas.

Jika Anda bermaksud membuat skylight di ruangan yang sempit, sebaiknya ganti dengan penggunaan fiber glass seukuran dua genteng. Pastikan pula di ruangan tersebut memiliki jendela sehingga udara di ruangan dapat tersirkulasi dengan baik dan suhu ruangan tidak menjadi panas.

Karena bahan skylight biasanya menggunakan kaca yang memiliki bobot cukup berat, pastikan rangka atap rumah terbuat dari material kokoh sehingga mampu menopang beban tambahan. Seperti misalnya atap yang terbuat dari baja ringan.

Untuk menghindarkan ruangan dari suhu yang terlalu tinggi dengan pemasangan skylight, Anda dapat memasang skylight dengan model buka tutup. Dengan demikian Anda dapat memperoleh cahaya dan udara alami di ruangan secara bergantian. Selain itu Anda juga dapat melapisi kaca dengan menggunakan film untuk meminimalisir masuknya sinar matahari secara berlebihan.

Pastikan pula ukuran skylight yang dibuat tidak terlalu lebar karena dapat membuat udara dingin di malam hari masuk dan dapat mengganggu kesehatan.

BACA JUGA:
Null Stern, Hotel Paling Minimalis Di Dunia
Awas! 5 Hal Ini Dapat Turunkan Harga Properti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *