Tips Sewa Hunian Bersama Teman

sewa hunian

Bagi kaum lajang yang sedang menikmati masa-masa sendiri dan mulai berfokus pada karir, tidak jarang keputusan untuk tidak tinggal lagi bersama dengan orang tua adalah hal yang biasa dipilih untuk memulai kemandirian secara penuh. Tinggal di kos atau mengontrak rumah adalah opsi yang biasa dipilih.

Agar lebih hemat, tidak jarang pilihan untuk menyewa sebuah tempat tinggal bersama teman pun dilakukan. Nah jika Anda adalah salah satu orang yang berencana untuk menyewa tempat tinggal bersama dua atau tiga orang teman, simak beberapa tips penting berikut ini.

Sesuaikan Jumlah Kamar

Saat memilih tempat tinggal untuk disewa, sangat penting untuk memastikan bahwa jumlah kamar yang tersedia sesuai dengan jumlah orang yang akan tinggal di sana. Hal ini sangat penting karena setiap orang membutuhkan waktu untuk sendiri, sehingga meskipun tinggal bersama, namun masing-masing masih dapat menjaga privasi.

Desain

Untuk masalah desain kamar, masing-masing tentu berhak memutuskan desain seperti apa yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. Tetapi untuk ruangan yang digunakan bersama, sebaiknya pilih desain yang aman seperti warna monocrome pada beberapa bagian dari ruangan seperti karpet dan sofa.

Menyumbang Perabot

Karena digunakan bersama-sama, masing-masing dapat menyumbangkan perabot yang dimiliki, seperti TV, atau microwave. Perlu dibuat kesepakatan khusus jika memutuskan untuk menyediakan lemari es yang dapat digunakan bersama. Hal ini penting karena lemari es membutuhkan perawatan dan juga harus rutin dibersihkan. Agar tidak timbul rasa iri, bagi jadwal untuk membersihkan lemari es bagi masing-masing anggota.

Kelola Keuangan

Selain jadwal untuk bersih-bersih, Anda dan teman pun harus memiliki kesepakatan tentang pembayaran tagihan, mulai dari biaya sewa, listrik, air dan yang lainnya. Anda pun harus dapat membuat pengaturan keuangan secara rinci untuk kebutuhan pribadi agar keuangan Anda tidak berantakan.

Tetapkan Waktu Berkunjung

Buatlah kesepakatan jika ada teman dari teman yang ikut menginap dalam waktu lama. Jika lebih dari satu minggu maka mereka harus ikut membayar biaya penggunaan listrik, air dan juga perlengkapan lain yang ada di hunian tersebut.

BACA JUGA:
Kurangi Penggunaan Lampu Ruangan Dengan Skylight
Null Stern, Hotel Paling Minimalis Di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *