Kebiasaan Buruk Ini Buat Kamar Jadi Sarang Kuman

kamar bersih

Di sebuah hunian, seringnya kamar dianggap sebagai salah satu tempat paling bersih, padahal belum tentu demikian. Bisa jadi kamar justru sama kotornya dengan area kamar mandi? Bagaimana bisa demikian? Jika tak ingin kamar Anda sekotor kamar mandi, maka hindari melakukan beberapa kebiasaan berikut.

Bed Cover

Seberapa sering And a mengganti bed cover yang ada di kamar? Bisa sebulan sekali atau bahkan lebih. Padalah bed cover yang tidak diganti secara rutin dapat menjadi sarang kuman dan bakteri karena bed cover berfungsi untuk menutupi sprei sehingga debu dan kotoran dapat dengan mudah menempel.

Karpet

Keberadaan karpet yang ada di kamar selain untuk mempercantik tampilan ruangan juga sebagai alas penghangat dari dinginnya lantai kamar. Membiarkan karpet tidak di vakum lebih dari satu minggu dapat membuat debu dan kotoran menumpuk. Selain itu jika karpet tidak rutin dibersihkan dapat membuat karpet menjadi lembab dan memicu tumbuhnya jamur.

Ponsel

Sebagai salah satu alat komunikasi yang wajib dimiliki untuk mempermudah segala urusan komunikasi, ponsel tentu tidak dapat lepas dari tangan Anda. Jika Anda tidak rutin membersihkan ponsel bisa jadi ponsel merupakan salah satu benda yang mengandung banyak kuman dan bakteri seperti E. Coli. Oleh karena itu jika Anda biasa meletakkan ponsel di dalam kamar, sebaiknya bersihkan ponsel dengan menggunakan tisu basah minimal setiap hari sekali.

Piyama

Piyama atau baju tidur memang biasa dikenakan saat Anda tidur saja. Meskipun demikian tidak berarti Anda dapat membiarkan piyama yang sama berada di dalam kamar lebih dari tiga hari. Sebaiknya ganti dan cuci piyama yang Anda kenakan setiap dua hingga tiga hari sekali. Piyama dan baju tidur yang Anda gunakan tentu menyimpan keringat dan sel kulit mati yang dapat menjadi pemicu munculnya kuman dan bakteri.

Suhu Kamar

Sirkulasi udara yang baik sangat penting untuk menjaga ruangan tetap sehat. Oleh karena itu pastikan suhu kamar tidak terlalu panas dan lembab. Suhu yang terlalu panas akan memicu kelembapan dan membuat jamur menjadi mudah muncul. Jika menggunakan pendingin ruangan, atur agar suhu mencapai 25 derajat agar kuman tidak berkembang biak di ruangan.

Membersihkan Diri

Biasakan untuk membersihkan diri terlebih dahulu sebelum Anda masuk kamar. Bersihkan diri terlebih dahulu dengan minimal mencuci kaki, tangan dan berganti baju. Masuk ke kamar dalam keadaan berkeringat dan kotor dapat membuat kamar menjadi bau tidak sedap yang dapat mengundang nyamuk dan juga membawa bakteri masuk ke dalam kamar.

BACA JUGA:
Tips Sewa Hunian Bersama Teman
Kurangi Penggunaan Lampu Ruangan Dengan Skylight

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *