Tips Penting Sebelum Sewa Hunian!

緑の芝生の上にたくさんの家が置いてあるビジネスシーン

Bagi pasangan yang baru menikah, terkadang keputusan menyewa sebuah hunian untuk ditempati diambil karena uang yang tersedia dirasa belum cukup untuk membeli sebuah rumah baik baru maupun second. Selain itu menyewa hunian dirasa lebih baik dari pada tinggal bersama dengan mertua.

Beberapa pasangan memilih untuk menyewa sebuah rumah tapak, namun ada juga yang lebih suka menyewa apartemen. Sebelum memutuskan untuk menyewa rumah atau unit apartemen tertentu, sebaiknya simak beberapa tips penting berikut agar Anda memperoleh hunian yang paling tepat.

Buat Daftar Pilihan

Mulailah melakukan pencarian rumah-rumah dan unit apartemen yang sedang disewakan. Anda dapat memanfaatkan beberapa situs properti untuk memperoleh informasi tersebut. Catat semua hal penting yang berkaitan dengan rumah maupun apartemen yang disewakan, mulai dari alamat, nomor telepon pemilik, harga, fasilitas dan juga nama pemilik.

Setelah informasi tersebut terkumpul dan tersusun daftar, mulailah bandingkan satu sama lain baik melalui data maupun dengan langsung datang ke lokasi untuk melihat unit rumah dan apartemen yang disewakan.

Periksa Dengan Teliti

Jangan hanya melihat bagian luar bangunan saja, Anda harus memastikan kondisi bangunan yang akan Anda sewa secara keseluruhan. Anda tentu tidak ingin menemukan adanya dinding yang retak, atap bocor, jendela rusak, pintu yang macet dan saluran air yang tidak lancar saat Anda menempati hunian tersebut.

Jika menemukan adanya kerusakan, sebaiknya mintalah pemilik untuk memperbaikinya terlebih dahulu agar Anda tidak disalahkan pada akhirnya nanti.

Kenaikan Harga Sewa

Jika lokasi hunian yang disewakan berada di lokasi yang cukup strategis, tidak jarang sang pemilik akan menaikkan tarif sewanya karena biasanya banyak yang akan mencari rumah maupun apartemen untuk disewa. Oleh karena itu Anda juga perlu melakukan survey terlebih dahulu sebelum menentukan hunian mana yang akan disewa.

Bulanan atau Tahunan

Para pemilik biasanya menetapkan tagihan sewa setiap bulan atau per tahun yang dibayar di muka. Dengan menyewa per tahun Anda dapat terhindar dari kenaikan sewa yang sewaktu-waktu. Namun Anda perlu cermat menghitung keuangan agar tidak kesulitan untuk memenuhi kebutuhan setelah pembayaran sewa dilakukan.

Perawatan Rumah

Buatlah perjanjian tertulis antara pemilik dan penyewa terkait segala sesuatu yang penting tentang penyewaan hunian tersebut, tidak terkecuali biaya perawatan. Biasanya biaya perawatan selama hunian disewakan dibagi 50:50 antara penyewa dan pemilik.

BACA JUGA:
Tips Sukses Jual Rumah Tua
Kebiasaan Buruk Ini Buat Kamar Jadi Sarang Kuman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *