Trik Jitu Raup Untung Dari Bisnis Sewa Properti

Painting an House

Bisnis sewa properti kini semakin banyak diminati oleh kalangan investor mulai dari yang besar maupun yang kecil. Dengan jumlah pemasukan yang cukup menggiurkan setiap bulan atau tahunnya, bisnis sewa properti kini semakin ramai peminat. Terutama di kawasan yang memiliki angka kebutuhan hunian yang tinggi, seperti wilayah sekitar kampus maupun perkantoran.

Jika Anda tertarik untuk ikut terjun dalam bisnis sewa properti baik rumah, apartemen maupun ruko, berikut beberapa trik jitu yang patut disimak untuk dapat meraup untung yang maksimal.

Pilih Penyewa Jangka Panjang

Guna menstabilkan omset dan juga menjaga keamanan finansial, sebaiknya cari penyewa yang mau menyewa dalam waktu yang lama. Lama waktu sewa idealnya adalah satu hingga dua tahun. Namun jika ingin meraup untung yang lebih besar, Anda dapat menetapkan waktu sewa yang lebih singkat yakni per bulan.

Sesuaikan Harga Pasar

Agar harga sewa properti Anda tidak meleset, lakukan survei harga pasar terlebih dahulu. Kemudian sesuaikan dengan fasilitas atau kelebihan yang dimiliki oleh properti Anda agar Anda tidak rugi. Jika lokasi properti Anda berada di tempat yang cukup strategis, maka sangat mungkin untuk menaikkan harga sewa lebih tinggi dari pasaran.

Hitung Biaya

Melakukan penghitung secara rinci tentang properti yang akan disewakan sangat penting untuk dilakukan. Pada umumnya perbaikan secara umum seperti atap bocor, mesin air mati, cat memudar, dan yang lainnya biasanya ditanggung oleh penyewa. Namun terkadang terdapat kondisi dimana yang harus melakukan perbaikan adalah pemilik properti.

Agar todak merasa rugi, maka anggarkan 30 hingga 40 persen dari harga sewa tiap bulan untuk biaya cadangan.

Buat Surat Perjanjian Sewa

Untuk menghindari adanya kesalahpahaman antara pemilik dan penyewa, maka keberadaan surat perjanjian sewa sangatlah penting. Dalam surat perjanjian tersebut, sertakan beberapa poin penting terkait sewa properti, seperti lama waktu sewa, harga sewa, perbaikan dan pemeliharaan, tanggung jawab tagihan listrik dan air, serta peraturan lain yang dianggap penting.

Buat perjanjian sewa ini secara tertulis agar semuanya lebih jelas dan terperinci. Sehingga jika ditemukan kendala di kemudian hari, kedua belah pihak dapat membaca kembali surat perjanjian sewa yang telah dibuat. Sertakan sanksi yang jelas jika kedua belah pihak melakukan kesalahan.

Uang Deposito

Keberadaan uang deposito dalam bisnis sewa properti di Indonesia memang jarang dilakukan. Namun tidak ada salahnya jika kedua belah pihak menyepakati adanya uang deposito. Uang deposito dibayarkan kepada pihak pemilik saat serah terima kunci. Uang ini digunakan sebagai jaminan jika terjadi kerusakan properti yang perlu ditagihkan pada pihak penyewa. Namun jika di akhir masa sewa tidak ada kerusakan yang perlu ditagihkan, maka pihak pemilik properti harus mengembalikan uang deposito tersebut secara utuh kepada pihak penyewa.

BACA JUGA:
Mengintip Hunian DJ Kelas Dunia, Calvin Harris
Cara Mudah Lepas Wallpaper Tanpa Merusak Dinding

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *