Persiapkan Berbagai Biaya Tambahan Ini Saat Membeli Rumah

Ilustrasi membeli properti1

Perasaan senang dan lega tentu muncul saat akhirnya rumah pertama berhasil dibeli. Selain harga dari rumah, tahukah Anda bahwa ada beberapa biaya tambahan yang perlu dipersiapkan saat membeli sebuah rumah?

Agar tidak kaget dan mengganggu kondisi keuangan keluarga, berikut beberapa biaya tambahan yang perlu dipersiapkan saat membeli rumah.

Biaya Perawatan

Terbiasa hidup dengan orang tua atau tinggal di apartemen tentu dapat membuat Anda tidak terbiasa dengan adanya biaya perawatan. Karena saat ada sesuatu yang perlu diperbaiki, Anda tentu menyerahkannya pada orang tua atau pihak pengelola apartemen. Namun saat memiliki hunian sendiri, Anda perlu menyisihkan sedikit dari pemasukan bulanan sebagai biaya cadangan agar tidak terbebani saat rumah membutuhkan perawatan.

Perabot Dan Peralatan Rumah Tangga

Selain biaya perawatan, Anda juga perlu menyediakan dana untuk membeli perabot dan peralatan rumah tangga. Untuk mengisi rumah pertama, Anda tidak perlu membeli segalanya dalam satu waktu secara langsung. Beli beberapa perabot dan peralatan rumah tangga yang dirasa penting, seperti tempat tidur, lemari, sofa, lemari es dan juga beberapa peralatan dapur utama yakni kompor, piring, gelas, sendok dan yang lainnya.

Untuk perabot dan alat rumah tangga yang lain, Anda dapat membelinya secara bertahap setiap bulan atau dalam beberapa bulan sekali tergantung kondisi keuangan dan tingkat kebutuhan akan perabot rumah tangga tersebut.

Asuransi

Bagi Anda yang memiliki rumah di daerah yang rawan bencana seperti banjir, gempa dan yang lainnya, pertimbangkan pula untuk mengikuti program asuransi. Hal ini penting guna melindungi investasi properti yang Anda miliki.

Pajak

Sebagai warna negara yang baik, Anda juga harus menyisihkan dana untuk membayar pajak. Untuk properti, pajak yang dikenakan biasanya adalah Pajak Bumi dan Bangunan atau PBB. Nilai dari pajak ini dihitung berdasarkan luas properti dan nilainya tetap dan tidak dapat dinegosiasi.

Biaya Jual Beli

Biaya ini biasanya dikenakan oleh agen properti atau pihak pengembang. Biaya ini biasanya dikenakan di awal pembelian dan sudah mencakup semua proses jual beli.

BACA JUGA:
Mengintip Isi Lemari Para Selebriti Hollywood
Intip Dekorasi Apartemen Milik Penyanyi Cantik, Raisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *