Jaga Kesehatan Dengan Ganti Bantal Minimal 6 Bulan Sekali

bantal

Kebersihan dan kesehatan rumah maupun apartemen sangat berpengaruh pada kesehatan penghuninya. Untuk menjaga agar hunian tetap bersih dan sehat ada beberapa barang yang wajib diganti dalam kurun waktu tertentu, salah satunya adalah bantal. Bantal merupakan salah satu perlengkapan tidur yang wajib ada.

Sebagai penyangga kepala saat tidur, kondisi bantal dapat sangat berpengaruh pada kualitas tidur dan kesehatan penggunanya. Idealnya bantal yang digunakan setiap hari wajib diganti setiap enam bulan sekali. Namun pada kenyataannya hal tersebut sangat jarang dilakukan. Menggunakan bantal yang sama dalam kurun waktu yang lama dapat mengurangi kenyamanan tidur dan juga berpengaruh pada kesehatan.

Berikut empat alasan utama mengapa bantal sebaiknya diganti secara rutin.

Bantal yang sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama tentu dipenuhi debu, ketombe, sel kulit mati hingga air liur saat Anda tertidur. Bahkan yang terburuk tungau dan kutu dapat bersarang di bantal tersebut. Adanya berbagai hal tersebut dapat memicu munculnya bakteri yang berpengaruh pada kesehatan penggunanya.

Membiarkan bantal tidak diganti secara rutih dapat meningkatkan resiko pada penderita asma dan infeksi pernafasan. Sedangkan pada penderita alergi, kondisi bantal yang kotor tentu dapat menimbulkan reaksi alergi seperti batuk, sesak nafas, dan hidung tersumbat yang dapat sangat mengganggu kenyamanan.

Setelah digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang, bantal dapat kehilangan volume dan menjadi tipis. Hal ini dapat berpengaruh pada kondisi kepala, leher dan bahu. Resiko yang paling ringan adalah adanya masalah dengan leher seperti leher kaku dan sakit kepala. Sedangkan resiko terburuknya adalah kerusakan tulang belakang.

Bantal yang sudah digunakan dan lama tidak diganti dapat mengundang para tungau untuk bersarang. Resiko terberatnya mungkin hanya kehilangan kenyamanan karena muncul reaksi alergi seperti gatal dan kemerahan pada kulit akibat gigitan tungau. Namun apakah Anda mau tidur bersama dan memeluk tungau tersebut?

BACA JUGA:
Persiapkan Berbagai Biaya Tambahan Ini Saat Membeli Rumah
Mengintip Isi Lemari Para Selebriti Hollywood

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *