Jangan Beli Hunian Seken Jika Temukan Tanda Ini

rumah dijual

Selain membeli rumah baru, pilihan lain adalah membeli rumah seken. Membeli rumah seken biasanya lebih dipilih karena dapat memperoleh rumah siap huni dengan harga yang lebih miring, dan terkadang mendapat bonus beberapa perabot di dalamnya.

Namun tidak semua rumah seken memiliki kualitas bangunan yang masih baik. Jika tidak pandai memilih dan melakukan perhitungan, justru kerugian yang akan Anda peroleh. Oleh karena itu sangat penting untuk mengecek kondisi bangunan dengan sangat teliti saat akan membeli rumah seken. Dan jika Anda menemukan beberapa tanda ini, sebaiknya hindari membeli rumah tersebut karena dapat mendatangkan kerugian.

Dinding Retak

Meskipun tidak semua rumah seken merupakan bangunan dengan usia yang cukup tua, masalah dinding retak adalah yang paling sering ditemukan. Kerusakan seperti ini sebenarnya masih dapat ditolerir, namun jika lebar retakan sudah lebih dari 5 milimeter sebaiknya hindari untuk membeli rumah tersebut. Retak dinding yang terlalu lebar dapat menjadi pertanda kerusakan rumah yang tidak dapat diperbaiki dan berpengaruh pada struktur bangunan.

Dinding Lembab

Masalah lain yang patut diwaspadai adalah kelembapan ruangan. Di ruangan yang lembab akan memicu munculnya jamur yang merupakan salah satu penyebab kerusakan dinding yang sulit untuk ditangani. Selain itu jika Anda juga melihat adanya garam yang mengkristal di bagian dinding berarti dinding bangunan sudah memiliki kelembapan yang sangat tinggi.

Ruang Gelap

Berbeda dengan rumah yang mengikuti tren modern dengan konsep open space, rumah bergaya tradisional cenderung memiliki banyak sekat sehingga memungkinkan adanya ruang gelap dengan sirkulasi udara dan cahaya yang minim. Jika rumah yang hendak Anda beli memiliki kendala demikian maka persiapkan dana tambahan untuk merenovasi bangunan dan mengubahnya menjadi open space.

Lokasi Buruk

Lokasi sangat berpengaruh pada kenyamanan penghuni rumah. Pertimbangkan lokasi sebelum Anda membeli rumah tersebut, cari dan temukan rumah dengan lokasi yang pas seperti yang Anda inginkan. Dekat dengan fasilitas umum seperti pasar, rumah sakit dan sekolah adalah salah satu contoh lokasi yang ideal. Jika lokasi rumah yang akan Anda beli jauh dari fasilitas umum tersebut, sebaiknya pertimbangkan kembali keputusan Anda.

Suara Bising

Adanya suara bising karena hunian berdekatan dengan jalan utama atau area industri dapat mengurangi rasa nyaman saat tinggal di tempat tersebut. Selain itu kebisingan juga dapat mempengaruhi harga jual kembali properti Anda. Meskipun desain rumah sangat bagus, namun pertimbangkan kembali jika rumah tersebut berada di lingkungan yang cukup bising.

BACA JUGA:
Jaga Kesehatan Dengan Ganti Bantal Minimal 6 Bulan Sekali
Persiapkan Berbagai Biaya Tambahan Ini Saat Membeli Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *