Tips Nyaman Huni Rumah Di Dekat Jalan Raya

rumah tepi jalan

Dari segi investasi memiliki hunian yang berlokasi di dekat jalan raya tentu lebih menguntungkan karena harga jual kembalinya akan sangat tinggi. Namun sayangnya tinggal di hunian yang berdekatan dengan jalan raya pun memiliki kekurangan, yakni suara bising akibat kendaraan yang lewat dan juga debu yang beterbangan dimana-mana.

Jika Anda memiliki masalah yang sama saat menghuni rumah di dekat jalan raya, tidak perlu khawatir. Simak beberapa tips berikut ini agar Anda dapat tinggal dengan nyaman meskipun berdekatan dengan jalan raya.

Pagar Tanpa Celah

Untuk menghalangi debu yang masuk di area teras dan bagian depan rumah, pilih jenis pagar yang tidak memiliki celah. Namun jika di rumah Anda sudah terpasang pagar yang memiliki celah, maka solusinya adalah dengan menanam tanaman rambat dan menjadikannya pagar hidup. Dengan demikian debu dan polusi dapat tersaring dan rumah juga kelihatan lebih indah.

Tanam Beberapa Pohon

Agar udara di sekitar rumah lebih sejuk dan tidak panas karena adanya polusi, Anda dapat menanam pohon sebagai perindang. Jika halaman depan cukup luas, Anda dapat menanam beberapa pohon. Pohon tersebut akan mampu menjadi penyaring polusi yang baik serta dapat menjaga sirkulasi udara agar tetap lancar.

Buka Jendela Di Waktu Tertentu

Untuk menjaga agar sirkulasi udara di dalam rumah tetap baik, maka perlu adanya cukup ventilasi di rumah. Untuk jendela yang berada di bagian depan rumah sebaiknya buka di saat pagi hari saja, sekitar pukul 6 hingga 8. Melewati jam tersebut, tutup kembali jendela agar debu tidak masuk ke dalam ruangan. Kaca jendela pun harus rutin dibersihkan agar debu tidak menumpuk dan menempel di area kaca jendela.

Buat Taman Belakang

Memiliki hunian di dekat jalan raya tentu membuat Anda tidak bisa memanfaatkan area teras depan rumah untuk bersantai dan menikmati udara segar. Oleh karena itu Anda dapat membuat taman mungil di pekarangan belakang rumah sebagai ganti tempat untuk bersantai dan menikmati udara segar yang ada sebelum memulai jam sibuk di pagi dan sore hari.

Pasang Kawat Kasa

Untuk menyaring udara yang masuk ke dalam rumah, Anda dapat memasang kawat kasa di setiap celah jendela. Kawat kasa dapat menyaring serpihan pasir dan debu kasar sehingga tidak seluruhnya masuk ke dalam rumah.

Siram Jalan Setiap Sore

Untuk meminimalkan debu yang beterbangan masuk ke pekarangan rumah, sempatkan untuk menyiram halaman depan, area carport dan juga area di depan pagar dengan jarak minimal 1 meter. Dengan demikian air akan mengalirkan debu ke selokan atau membuatnya mengendap di dasar jalan raya sehingga tidak beterbangan dan mengotori area pekarangan rumah.

BACA JUGA:
Jangan Beli Hunian Seken Jika Temukan Tanda Ini
Jaga Kesehatan Dengan Ganti Bantal Minimal 6 Bulan Sekali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *