Tips Pasang Shower Untuk Kamar Mandi

shower

Jika kebanyakan kamar mandi bergaya tradisional menggunakan bak mandi sebagai tempat penampungan air, di kamar mandi bergaya modern penggunaan shower lebih banyak diminati karena dianggap lebih praktis dan juga hemat air.

Jika Anda berkeinginan untuk mengubah kamar mandi dari menggunakan bak dan gayung menjadi shower, simak beberapa tips berguna berikut ini.

Hindari Menggunakan Wall Shower

Menggunakan wall shower tentu memang dapat membuat tampilan kamar mandi menjadi lebih keren seperti yang ada di hotel maupun gym. Shower model ini biasanya memiliki kepala shower yang cukup besar dan berada tepat di atas kepala. Namun sayangnya penggunaan shower ini lebih boros dalam hal pemakaian air.

Gunakan Hand Shower

Hand shower memiliki gagang yang dapat dipegang dan diarahkan ke bagian tertentu sehingga penggunaan shower ini lebih efektif, hemat air dan juga dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga. Anda dapat mengatur ketinggian shower dengan mudah. Selain itu besar kecilnya volume air juga dapat diatur sesuai kebutuhan.

Gunakan Sekat Untuk Area Mandi

Mandi dengan menggunakan shower dapat membuat air menciprat ke semua arah sehingga sebaiknya pasang sekat untuk memisahkan area mandi dari wastafel dan toilet. Dengan demikian dinding dan lantai kamar mandi tidak mudah kusam dan kotor. Untuk membuat sekat tersebut anda dapat menggunakan bahan partisi, kaca, atau tirai.

Cek Saluran Air

Agar air tidak terhambat dan menggenang di bawah shower, saluran air perlu di cek secara rutin. Sebaiknya sebelum pemasangan shower dilakukan, pengecekan terhadap saluran air penting untuk dilakukan. Hal ini untuk memastikan tidak ada sumbatan yang dapat membuat saluran air mampat seperti rambut yang tersangkut dan sampah lainnya.

Perhatikan Semprotan Air

Model kepala shower yang tersedia di pasaran sangat beragam, mulai dari bentuk standar hingga yang memiliki bentuk unik. Dalam memilih sebaiknya Anda tidak hanya tergiur oleh bentuk yang menarik tetapi juga semprotan airnya. Pilih shower dengan semprotan air yang dapat diatur dan dapat disesuaikan seperti kebutuhan penggunanya seperti misalnya percikan air yang halus cocok untuk anak-anak dan lansia. Sedangkan semprotan yang kuat dibutuhkan saat mandi sore.

BACA JUGA:
Tips Mudah Perawatan Lantai Kayu Parket Agar Tetap Awet
Perhatikan Hal Ini Saat Akan Membeli Kavling Dan Membangun Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *