Tips Memilih Apartemen yang Tepat

Ilustrasi Membeli Apartemen
Ilustrasi Membeli Apartemen

Bagi setiap keluarga, memiliki rumah merupakan salah satu impian yang akan berusaha untuk diwujudkan. Namun dalam perkembangan dunia modern saat ini, selain rumah, apartemen juga menjadi pilihan untuk memiliki hunian. Terutama bagi pasangan muda atau keluarga yang tinggal di perkotaan dengan kebutuhan akomodasi yang mudah dan cepat.

Namun tidak semua orang dapat memperoleh apartemen seperti yang diharapkan karena mencari apartemen yang tepat kadang menjadi hal yang tidak mudah. Agar dapat memperoleh apartemen yang nyaman dan sesuai keinginan, maka Anda dapat menyimak beberapa tips untuk memilih apartemen di bawah ini.

Cari referensi, jangan tergoda iklan

Ada banyak iklan properti dan apartemen yang dapat Anda temukan di berbagai media, baik online, TV maupun cetak. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa para pengiklan pastilah berusaha menunjukkan bahwa apa yang mereka jual adalah yang terbaik. Jadi sebelum melakukan pencarian, mintalah pendapat dari beberapa orang terdekat seperti keluarga atau teman yang paham mengenai dunia properti atau berdomisili di wilayah apartemen yang akan Anda beli. Cari tahu seberapa baik lingkungannya, serta pangsa pasarnya. Saran-saran tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan terhadap pemilihan iklan yang ada.

Memahami apa yang menjadi prioritas

Dalam memilih hunian, terutama apartemen, fasilitas gedung apartemen tentu menjadi salah satu pertimbangan tersendiri. Jangan tergoda dengan fasilitas yang sesungguhnya tidak terlalu Anda butuhkan, misalnya kolam renang pribadi. Memiliki kolam renang pribadi tentu menjadi hal yang mengasikkan, namun sayangnya tidak setiap hari kolam renang tersebut Anda gunakan. Selain itu biaya perawatan juga harus diperhitungkan. Jadi pastikan Anda mengetahui apa yang menjadi prioritas agar dapat memilih apartemen yang tepat secara fungsional dan finansial agar tidak merugikan Anda.

Buat daftar perbandingan

Setelah melakukan pencarian dan penyaringan dari beberapa iklan apartemen yang Anda peroleh, akan ada beberapa pilihan menarik yang muncul. Jika demikian, saatnya Anda membuat daftar perbandingan dari masing-masing pilihan tersebut. Catat masing-masing nama apartemen, nomor telepon dan alamatnya. Selain itu cantumkan pula fasilitas dan harga. Coret daftar yang tidak sesuai dengan prioritas Anda, seperti jika tempatnya terlalu jauh atau harganya terlalu mahal. Jika sudah maka akan tersisa beberapa pilihan.

Lakukan survey

Anda tidak akan pernah tahu betul berapa besar ukuran kamar dari apartemen yang akan dibeli jika tidak melihatnya secara langsung. Jangan hanya percaya pada gambar brosur iklan apartemen yang tampak indah dan mempesona. Lakukan survey dengan mendatangi lokasi apartemen yang menjadi pilihan. Jadwalkan kunjungan Anda dengan terlebih dahulu menghubungi pihak marketing apartemen. Dan saat melakukan kunjungan, jangan lupa membuat catatan kecil sebagai bahan pertimbangan berdiskusi dengan pasangan untuk menentukan apartemen mana yang akan dibeli.

Selalu ajak pasangan untuk berdiskusi

Dalam memilih apartemen, tidaklah mudah jika harus dilakukan sendiri. Ajaklah pasangan berdiskusi dalam setiap tahap pemilihan apartemen, karena terkadang hal-hal kecil yang tidak terpikir oleh Anda bisa terpikir oleh pasangan. Selain itu, memutuskan secara bersama dimana nanti akan tinggal akan membuat hubungan Anda dan pasangan akan semakin kompak. Selain itu mengajak pasangan berdiskusi juga akan membuat pasangan merasa dihargai keberadaannya.

Bersikap praktis, namun tidak mengabaikan suara hati

Meskipun tersedia apartemen dengan fasilitas dan harga yang sesuai, namun jangan mengabaikan suara hati Anda dalam memilih. Seperti layaknya rumah, faktor utama yang menjadi pemilihan apartemen adalah kenyamanan. Pastikan Anda nyaman tinggal di gedung apartemen tersebut. karena jika tidak maka segala kepraktisan tadi tidaklah ada artinya. Ingatlah tidak ada sesuatu yang sempurna. Namun yang paling penting, kenyamanan hati saat bertempat tinggal di apartemen tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *