Trik Mendesain Ruang Tamu Minimalis Namun Elegan

ruang tamu minimalis

Gaya minimalis kini banyak digemari untuk diterapkan di interior hunian, terutama apartemen. Namun menerapkan konsep minimalis pun tidak semudah yang dibayangkan. Jika gagal, tampilan ruangan akan terasa kosong dan sepi tanpa adanya daya tarik.

Tidak ada salahnya menjajal konsep ini untuk diterapkan di salah satu ruang, seperti ruang tamu. Agar tampilan terasa tidak sepi, Anda dapat memberikan sentuhan gaya tertentu seperti rustic atau industrial sebagai tema pendamping. Berikut beberapa tips untuk menerapkan konsep minimalis pada ruang tamu tanpa takut gagal.

Jaga Ruang Tetap Rapi

Pastikan area ruang tamu Anda tidak terdapat barang-barang yang diletakkan sembarangan atau terkesan berserakan. Bukan berarti Anda harus selalu membersihkan area ruang tamu setiap saat. Anda hanya perlu fokus pada barang-barang yang memiliki fungsi yang jelas. Jika tidak maka Anda dapat menyimpan barang tersebut di area tertutup seperti laci atau lemari.

Meja Kopi

Meja kopi menjadi salah satu perabot favorit saat menerapkan konsep minimalis pada ruangan. Dengan ukuran yang kecil dan bentuknya yang manis, Anda dapat memanfaatkannya untuk meletakkan barang-barang seperti vas bunga dan mangkuk. Jika Anda menggunakan sentuhan rustic minimalis, maka Anda dapat berburu meja kopi di toko loak untuk menegaskan konsep yang Anda pilih untuk ruangan tersebut.

Perabot Minimalis

Kesan minimalis sebuah ruangan tentu tidak lepas dari desain dan ukuran perabot yang ada di ruangan tersebut. Oleh karena itu pastikan Anda memilih perabot dengan desain yang sederhana namun terlihat manis untuk ruang tamu. Ukuran pun juga sangat mempengaruhi. Pilih perabot dengan ukuran yang sesuai dengan luas ruangan. Jangan pilih yang terlalu besar, tetapi juga jangan memilih yang terlalu kecil karena Anda justru akan kehilangan fungsinya.

Managemen Warna

Konsep minimalis identik dengan penggunaan kombinasi warna yang sederhana. Biasanya warna netral seperti hitam, putih, dan abu-abu lebih banyak dipilih karena lebih aman dibandingkan dengan menggunakan warna yang cerah. Namun jika ingin tampilan ruangan sedikit lebih ceria, Anda dapat memasukkan satu unsur warna terang pada beberapa elemen yang ada di ruangan, seperti misalnya penggunaan sarung bantal sofa berwarna merah, kuning atau ungu.

Mencari Inspirasi

Yang terakhir adalah perbanyak referensi tentang tampilan konsep desain interior minimalis. Anda dapat melakukan pencarian melalui internet untuk mendapatkan inspirasi desain interior yang paling menarik. Dibutuhkan usaha untuk mendapatkan cara yang tepat jika ingin menerapkan konsep ini, namun hasilnya pun nanti tentu tidak akan mengecewakan.

BACA JUGA:
Mengintip Hunian Seleb Dunia Yang Dilengkapi Helipad Pribadi
Desain Hunian Sehat dan Bahagia Ala Feng Shui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *