Inspirasi Desain Hunian Bernuansa Bali

Bali Harmoni2

Bali, dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit bagi para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Dengan sejuta pesona yang dimiliki dan bangunan yang sarat nuansa tradisional, Bali dianggap dapat selalu menghadirkan suasana yang nyaman, tentram dan menyatu dengan alam.

Merasakan atmosfir pulau dewata yang senantiasa menentramkan setiap saat tentulah sangat menyenangkan. Hal tersebut dapat Anda wujudkan dengan membangun sebuah hunian dengan konsep bernuansa Bali.

Mendesain hunian bernuansa Bali dapat dilakukan secara menyeluruh mulai dari bentuk bangunan, interior dan juga eksterior bangunan. Salah satu ciri dari bangunan ala Bali adalah bagian bawah atap yang tidak dilapisi pentutup, sehingga dapat terlihat konstruksinya.

Ciri lain yakni ada di desain pintu masuk yang berbentuk gerbang kecil dengan dinding batu dan undakan yang terdiri dari satu hingga tiga anak tangga. Pada bagian pintu ini daun pintu didesain dengan dua buah daun pintu yang terbuat dari material kayu jati, atau secara tradisional biasa disebut gebyok.

Bali Harmoni1

Untuk bagian interior, penggunaan warna-warna netral seperti coklat dan abu-abu juga menjadi ciri khas dari hunian tradisional Bali yang alami. Untuk menambahkan kesan natural, penggunaan furniture dengan finish gloss dapat dipilih. Sedangkan untuk bentuk dan modelnya dapat disesuaikan untuk dapat menciptakan nuansa Bali yang semakin kental.

Di area kamar tidur, penggunaan pintu geser juga menjadi salah satu penguat ciri hunian tradisional bali. Dan pencahayaan temaram juga dapat diterapkan untuk memperoleh suasana yang hangat dan santai.

Untuk area kamar mandi desain atap yang tidak sepenuhnya ditutup juga menjadi salah satu ciri khas dari bangunan Bali. Selain itu, desain atap setengah tertutup ini juga dapat membuat sirkulasi udara lebih lancar dan memberikan pencahayaan alami pada siang hari.

BACA JUGA:
Mengintip Hunian Lenny Kravitz Yang Serba Putih
Tips Mendesain Walk-In Closet Di Rumah dan Apartemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *