Tips Kamar Mandi Ramah Untuk Ibu Hamil

kamar mandi aman

Saat mengetahui bahwa sang istri sedang mengandung, hal tersebut pasti menjadi kabar yang sangat menggembirakan bagi keluarga, terutama sang suami. Menghadapi kehamilan tentu membutuhkan persiapan demi kenyamanan bersama terutama sang ibu hamil.

Berbagai perubahan mulai dilakukan, mulai dari mengubah pakaian menjadi lebih longgar, makanan yang lebih sehat, bahkan dekorasi rumah pun juga tidak luput dari perubahan untuk menyesuaikan kebutuhan ibu hamil. Salah satu area yang harus diperhatikan adalah kamar mandi, karena wanita hamil cenderung lebih sering menggunakan kamar mandi untuk berkemih.

Agar proses kehamilan berjalan dengan aman dan nyaman, berikut beberapa tips untuk melakukan perubahan kecil di area kamar mandi.

Pindahkan Cairan Pembersih Ke Luar Kamar Mandi

Jika Anda terbiasa meletakkan cairan pembersih kamar mandi di dalam kamar mandi, sebaiknya mulai sekarang pindahkan ke tempat lain yang lebih aman. Jika botol atau kemasan cairan pembersih tersebut tidak tertutup rapat maka akan menimbulkan aroma menyengat yang dapat membuat ibu hamil mual. Selain itu menghirup toksin dari cairan pembersih juga dapat memberikan efek buruk pada perkembangan janin.

Gunakan Bahan Alami

Agar kamar mandi tetap bersih, ganti cairan pembersih kimia dengan menggunakan bahan alami, seperti perasan air jeruk nipis. Agar lebih mudah membersihkan Anda juga dapat menggunakan sedikit cairan pemcuci piring untuk membersihkan lantai dan dinding kamar mandi.

Gunakan Lantai Tambahan

Agar lantai tidak licin, Anda dapat menggunakan papan pijakan dari kayu atau menggunakan pelapis lantai yang terbuat dari karet. Jika menggunakan pelapis karet, bersihkan secara teratur setiap satu atau dua minggu sekali agar permukaan lantai tidak lembap dan menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Kloset Duduk

Ibu hamil tidak disarankan untuk melakukan gerakan jongkok. Gerakan jongkok dapat membuat ibu melakukan gerakan kontraksi. Oleh karena itu lebih aman jika di kamar mandi terdapat kloset duduk. Jika diperlukan tambahkan pegangan tangan di samping kloset untuk memudahkan ibu hamil berdiri dan duduk.

Gunakan Shower Dengan Gagang

Untuk memudahkan ibu hamil saat mandi dan membersihkan tubuh, sebaiknya gunakan shower dengan gagang dan pengatur ketinggian. Dengan perut yang semakin membesar tentu akan sulit untuk membersihkan beberapa bagian tubuh seperti area lipatan serta punggung. Oleh karena itu akan sangat membantu jika terdapat tuas yang dapat mengatur debit air yang dikeluarkan dari shower.

BACA JUGA:
Tips Hadirkan Nuansa Era 90an Di Dalam Kamar
Simak Faktor Yang Mempengaruhi Persetujuan KPR Oleh Bank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *