Tanaman Ini Bisa Jadi Pengganti Pagar Hunian Yang Cantik

pagar

Dengan semakin terbatasnya lahan yang tersedia untuk perumahan membuat para pengembang properti membuat desain hunian yang memiliki lahan minim. Tidak jarang para pemilik rumah harus memutar otak untuk menjaga fungsi sekaligus mempertahankan estetika sebuah hunian. Terutama di area eksterior seperti pagar dan pekarangan.

Membangun sebuah pagar besar untuk hunian yang berukuran kecil tentu akan membuat tampilan eksteriornya menjadi kurang seimbang. Hal ini bukan berarti Anda tidak dapat memiliki pagar yang juga berfungsi untuk keamanan hunian. Berikut beberapa alternatif jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai pengganti pagar dengan tampilan yang lebih cantik.

Tanaman Clementis

pagar1

Pagar kayu merupakan alternatif bagi para pemilik hunian mungil yang ingin membangun pagar di pekarangan. Agar tidak tampil monoton dan polos, Anda dapat memadukan pagar kayu dengan tanaman clementis. Tanaman perdu berbunga ungu ini akan membuat tampilan pagar kayu yang biasa menjadi lebih menarik.

Japanese Holly

pagar2

Tanaman dengan batang berduri ini memiliki bentuk tinggi dan lurus ke atas sehingga sangat cocok untuk dijadikan pagar hidup untuk mempercantik eksterior hunian Anda. Anda dapat menanam pohon Japanese Holly sebagai pengganti pagar dengan menatanya secara menjajar. Saat sudah dirasa terlalu tinggi Anda dapat merapikan pagar ini dengan menggunakan gunting tanaman.

American Holly

pagar3

Jika ingin memiliki pagar hidup dengan menggunakan tanaman berpohon rendah, Anda dapat menaman American Holly di depan pekarangan. Tanaman ini sebenarnya masih satu rumpun dengan tanaman Japanese Holly, bedanya bentuk fisik dari Amerikan Holly tidak setinggi Japanese Holly.

Pakis

pagar4

Tanaman yang tidak hanya dikenal cantik secara fisik, namun Pakis juga merupakan tanaman yang dapat menjadi sumber vitamin A dan juga pengendali serangan hama. Menaman pakis dalam jumlah banyak di depan pekarangan hunian akan menciptakan sebuah pagar hidup yang unik. Selain itu Anda juga dapat memetik manfaatnya untuk kesehatan.

Bambu

pagar5

Anda tentu sudah tidak asing dengan tanaman yang satu ini. Di Indonesia sendiri bambu dapat dengan mudah ditemukan. Tanaman bambu sering juga dipilih sebagai tanaman alternatif pengganti pagar. Dengan bentuknya yang tinggi dan langsing, bambu dapat menjadi pagar hidup yang cantik.

BACA JUGA:
Inspirasi Hadirkan Suasana Coffee Bar Di Hunian
Cara Mudah Ubah Tampilan Kamar Mandi Tanpa Menguras Kantong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *