Inspirasi Desain Dapur Terbuka Untuk Hunian Mungil

dapur-terbuka

Dengan harga hunian yang tinggi, para pembeli rumah pertama biasanya memilih sebuah hunian dengan luas bangunan yang relatif cukup kecil. Dengan luas yang minim, biasanya bangunan tipe ini memiliki dua kamar tidur, satu kamar mandi, ruang keluarga dan ruang tamu yang menjadi satu, sebuah taman depan, carport dan dapur yang menyatu dengan taman belakang.

Konsep dapur yang menyatu dengan taman belakang ini sering disebut dengan dapur terbuka tanpa atap permanen. Material yang ada di dapur ini pun cukup terbatas yakni kitchen sink dan keran air saja. Biasanya pengembang perumahan akan menawarkan kepada calon untuk menutup area dapur dengan atap.

Sayangnya biaya tambahan yang diajukan pengembang untuk melakukan tambahan pembangunan ini pun tidak sedikit, mulai dari lima hingga 10 juta rupiah. Namun jika Anda masih belum berminat untuk melakukan pekerjaan tambahan ini karena alasan biaya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat tampilan dapur terbuka menjadi lebih cantik dan aman.

Tambahkan Kanopi

Agar saat memasak Anda tidak kepanasan dan kehujanan, maka opsi terbaik sebagai pengganti genteng adalah dengan memasang kanopi. Untuk material, Anda dapat menggunakan polycarbonate yang merupakan jenis kanopi yang memiliki daya tahan cukup baik namun tidak memberatkan secara harga.

Sisakan Ruang Sirkulasi

Dengan kondisi dapur yang menyatu dengan taman belakang, maka adanya sirkulasi udara yang baik sangat diperlukan. Hindari menutup seluruh area dapur dan taman belakang dengan menggunakan kanopi. Sisakan setidaknya seperempat area untuk sirkulasi udara. Dengan demikian sirkulasi udara tersedia dan saat hujan pun air tidak akan tampias dan membasahi area dapur.

Tambahkan Keamanan

Dengan konsep dapur yang semi terbuka ini, maka sebaiknya Anda menambahkan unsur keamanan. Salah satunya yakni dengan melengkapi tembok pembatas belakang rumah dengan pejahan botol kaca yang disusun di tepi tembok atau dengan memasang kawat berduri.

BACA JUGA:
Simak Tips Ini Saat Berminat Sewa Apartemen
Tips Ciptakan Hunian Yang Tenang Ala Feng Shui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *