Pertimbangkan Hal Ini Saat Desain Kamar Untuk Remaja

kamarremaja

Mendesain kamar tidur untuk anak-anak yang masih berusia balita dan kamar anak yang sudah beranjak remaja tentulah tidak sama. Saat anak memasuki usia remaja, kamar tidur bukan hanya sekedar ruangan untuk beristirahat setelah seharian beraktifitas, tetapi juga menjadi tempat dimana anak dapat belajar dan mulai bereksplorasi dengan kreatifitasnya.

Prinsip utama saat mendesain kamar remaja adalah dengan mengenal karakteristik, hobi, dan minat mereka. Selain itu tentunya nuansa kamar juga harus kekinian agar anak tidak merasa ketinggalan jaman.

Jika saat ini Anda sedang mencari inspirasi untuk mendesain kamar tidur remaja, berikut beberapa hal penting yang patut dipertimbangkan untuk mendesain kamar tersebut baik di rumah maupun di apartemen.

Sediakan Ruang Multifungsi

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kamar ini nantinya tidak hanya berfungsi sebagai tempat istirahat saja, tetapi juga ruang untuk anak dapat bereksporasi dan mengembangkan minatnya. Oleh karena itu sangat penting untuk mendesain kamar dengan dilengkapi dengan area multi fungsi.

Dalam mendesain ruang tidur multi fungsi, Anda tetap harus mengedepankan unsur kenyamanan, baik untuk beristirahat serta untuk bersosialisasi. Jika ukuran kamar terbatas, Anda dapat mengusung konsep vertikal dengan menggunakan tempat tidur tinggi yang dibagian bawahnya dapat berfungsi sebagai ruang belajar.

Tambahkan Artwork Pada Dinding

Jika orang dewasa biasanya lebih menyukai nuansa kamar yang tenang dengan warna yang tidak terlalu mencolok, maka hal ini berbeda dengan anak-anak usia remaja. Biasanya anak-anak di usia remaja lebih menyukai kamarnya tampak ceria dan penuh warna.

Bagi anak usia remaja laki-laki, Anda dapat memberikan sentuhan artwork pada dinding berupa mural atau poster-poster menarik. Bagi anak remaja perempuan, Anda dapat memasang wall sticker dengan desain yang di sukai mereka. Selain itu biasanya anak perempuan juga suka memasang lampu tidur berupa string light yang kini sedang banyak digemari.

Pilih Furniture Ceria

Selain bermain warna pada dinding, Anda juga dapat memberikan kesan ceria pada ruangan melalui pemilihan furniture. Tambahkan beberapa furniture dekoratif berupa kursi ayunan yang memiliki desain cantik namun juga tetap aman untuk digunakan anak-anak bersantai di kamar mereka.

Sediakan Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan juga perlu disediakan agar anak dapat mulai belajar menyimpan benda-benda pribadi milik mereka dan juga belajar untuk menatanya dengan teratur. Ruang penyimpanan yang perlu disediakan antara lain seperti meja rias, rak buku, kabinet pada dinding, lemari pakaian dan yang lainnya.

BACA JUGA:
6 Inspirasi Sentuhan Warna Merah Muda Pada Interior Hunian
Mengulik Hunian Super Mewah Pembalap Moto GP, Jorge Lorenzo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *