Kelebihan dan Kekurangan Bata Ringan dan Bata Merah

batu bata

Saat sedang membangun atau merenovasi rumah, tentu ada beberapa hal yang sering menjadi pertimbangan, salah satunya adalah memilih jenis bata yang akan digunakan. Saat ini penggunaan bata ringan sedang banyak diminati, namun bukan berarti bara merah sudah kehilangan pamornya.

Jika Anda sedang membeli sebuah perumahan baru, maka Anda juga perlu memperhatikan spesifikasi bahan bangunan yang disediakan oleh pengembang. Pasalnya hal tersebut akan berpengaruh besar terhadap kualitas bangunan dan juga harga yang ditawarkan.

Saat ini baik batu bata merah maupun bata ringan merupakan material bangunan yang umum digunakan untuk membangun dinding. Kedua bahan bangunan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Batu Bata Merah

Batu bata merah adalah jenis batu bata yang sudah lama dan banyak digunakan untuk membangun dinding bangunan. Kelebihan dari penggunaan batu bata merah antara lain tidak membutuhkan keahlian khusus untuk memasang, harganya lebih ekonomis, serta tidak membutuhkan perekat khusus dan tahan terhadap api. Ukuran batu bata merah yang relatif kecil juga memudahkan saat pemasangan dan juga mudah untuk membentuk bidang kecil.

Sedangkan kekurangan dari batu bata merah antara lain saat pemasangan cukup sulit untuk membuat pasangan bata yang rapi, dapat menyerap panas maupun dingin. Dari segi penggunaan perekat, batu bata merah cukup boros. Selain itu volume batu bata merah yang berat dapat menjadi beban pada struktur bangunan.

Batu Bata Ringan

Kelebihan batu bata ringan antara lain karena memiliki ukuran dan kualitas yang sama sehingga dinding yang dihasilkan menjadi lebih rapi, kedap terhada air, dan juga dapat meminimalisir rembesan air. Batu bata ringan juga mempunyai ketahanan yang cukup baik terhadap gempa, kedap air dan juga kedap suara.

Dari berbagai kelebihan yang dimiliki batu bata ringan, ada beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui. Dari segi harga, batu bata ringan cenderung lebih mahal dari pada batu bata merah. Selain itu dibutuhkan perekat khusus, berupa semen instan yang harganya juga relatif lebih mahal dari pada semen biasa. Dan yang terakhir karena tersedia dalam ukuran yang cukup besar, sehingga cukup menyulitkan saat membentuk ukuran kecil dan tanggung.

BACA JUGA:
Agar Hunian Bersih, Perhatikan Kebersihan Barang-barang Ini!
Pertimbangkan Hal Ini Saat Desain Kamar Untuk Remaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *