Tips Berbagi Tempat Tinggal Untuk Penyewa Hunian

teman kos

Bagi mahasiswa atau karyawan yang masih lajang dan merantau di kota lain untuk kuliah maupun bekerja, memilih tinggal di rumah kos atau di kontrakan adalah hal yang jamak ditemui. Dan untuk menghemat biaya, tidak jarang Anda bersama teman dan sahabat sepakat untuk menyewa sebuah tempat tinggal bersama, bisa rumah maupun apartemen.

Agar dapat berbagi tempat tinggal dengan aman, nyaman tanpa menghilangkan kebutuhan privasi masing-masing, simak beberapa tips berikut ini.

Buat Pembatas

Sedekat apapun Anda dan teman Anda yang tinggal satu atap tentulah Anda berdua masih membutuhkan privasi masing-masing. Oleh karena itu sangatlah penting untuk membuat batasan yang jelas agar privasi masing-masing dapat terjaga. Seperti misalnya tidak boleh masuk ke ruangan satu sama lain tanpa izin.

Beri Label Untuk Setiap Barang

Selama menyewa bersama tentu Anda dan teman memiliki barang masing-masing. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk melebeli barang-barang tersebut untuk memudahkan saat nantinya Anda dan teman memutuskan untuk pindah kontrakan. Lakukan pemasangan label pada makanan, hal ini untuk menghindari kecurigaan saat ada makanan yang hilang.

Dekor Setiap Ruangan

Lakukan dekorasi pada setiap ruangan secara bersama. Anda dan teman dapat menentukan barang apa yang ingin diletakkan di masing-masing ruangan. Anda dan teman pun dapat berbagi untuk mengetahui siapa yang akan membeli barang apa, misalnya Anda membeli bantal sofa sedangkan teman Anda yang membeli karpet.

Hindari Barang Yang Terlalu Besar

Menonton TV sambil duduk di sofa yang nyaman tentu terasa menyenangkan. Namun sebaiknya pikir kembali saat Anda dan teman berniat untuk memiliki sofa. Pasalnya dengan ukuran yang besar tentu akan cukup merepotkan saat nanti dipindahkan. Cukup pasang karpet yang lebih tebal dan letakkan beberapa bantal agar lebih nyaman saat menonton TV.

Luangkan Waktu Berdua

Meskipun tinggal di satu atap terkadang karena kesibukan masing-masing Anda dan teman justru jarang menghabiskan waktu bersama. Saat ada waktu sempatkan untuk melakukan kegiatan seru di rumah, seperti masak atau sekedar menonton film bersama. Hal ini penting untuk menjaga kedekatan Anda dan teman dan untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman.

BACA JUGA:
Memahami Lebih Dalam Berbagai Tipe Apartemen
Aturan Feng Shui Untuk Kamar Mandi Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *