Tips Mudah Redam Suara Bising Di Hunian

kedap suara

Kebisingan adalah salah satu masalah yang biasa ditemukan di hunian. Kebisingan dapat muncul karena lokasi hunian yang terletak di pinggir jalan raya atau juga disebabkan oleh kebiasaan tetangga rumah atau apartemen yang kerap menyalakan musik dengan keras.

Jika sudah demikian, suara bising yang muncul dapat sangat mengganggu kanyamanan dan ketenangan sang pemilik hunian. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memasang peredam pada ruangan. Sayangnya memasang peredam seperti layaknya studio musik membutuhkan biaya yang cukup besar.

Jika Anda mengalami masalah yang sama di hunian Anda, berikut beberapa alternatif peredam yang dapat dipasang di hunian dengan harga yang lebih terjangkau.

Tirai dan Selimut Tebal

Jika sumber suara bising biasanya terdengar dari salah satu sisi dinding ruangan, Anda dapat menggunakan tirai atau selimut tebal sebagai penghalau suara. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memasang tirai atau selimut tebal di sisi dinding yang menjadi sumber suara bising. Sesuaikan warna dan motif tirai atau selimut yang Anda gunakan dengan interior ruangan. Tidak hanya dapat meredam suara, tirai dan selimut tersebut dapat menjadi hiasan dinding yang cantik.

Rak Buku

Jika Anda adalah tipe orang yang gemar membaca buku dan memiliki koleksi buku yang cukup banyak, maka manfaatkan koleksi buku tersebut sebagai peredam suara bising pada ruangan. Pasang rak buku pada area dinding dan susun koleksi buku di rak tersebut. Selain meredam suara bising, Anda juga akan memiliki perpustakaan pribadi.

Bantalan Bergelombang

Untuk meredam suara dari lantai atas ke bawah, Anda dapat meletakkan sebuah alas bantalan tebal bergelombang di bawah sound atau pengeras suara. Dengan demikian suara bising yang ada di lantai atas tidak akan terdengar di lantai bawah karena sudah dihalau oleh peredam.

Tutup Lantai Dengan Karpet

Jika ingin ruangan lebih kedap suara, Anda dapat melapisi lantai dengan karpet kedap suara. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menutup bagian plafon dengan bahan peredam suara seperti glasswool, panel dan gypsum. Tutup juga celah pintu dengan menggunakan lembaran karet.

BACA JUGA:
Tips Berbagi Tempat Tinggal Untuk Penyewa Hunian
Memahami Lebih Dalam Berbagai Tipe Apartemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *