Tips Berbagi Dapur Saat Tinggal Seatap Dengan Keluarga Besar

dapur sederhana

Setelah menikah, tentu sudah menjadi keinginan setiap pasangan pengantin baru untuk dapat tinggal terpisah dari orang tua. Namun sayangnya untuk dapat membeli rumah atau apartemen membutuhkan dana yang cukup besar. Jika masih belum dapat tinggal terpisah, opsi yang tersedia adalah menumpang sementara di rumah orang tua atau mertua.

Tinggal bersama serumah dengan orang tua atau mertua membuat area dapur menjadi tempat yang paling padat di rumah. Apalagi jika masih terdapat anggota keluarga lain yang juga tinggal satu atap seperti kakak atau adik.

Agar area dapur tidak mengalami kericuhan, simak beberapa tips berikut untuk dapat berbagi dapur dengan aman dan nyaman saat tinggal seatap dengan keluarga besar.

Buat Jadwal Memasak

Soal makanan, setiap individu tentu memiliki selera masing-masing. Oleh karena itu Anda dan anggota keluarga yang lain dapat membagi jadwal memasak, seperti jam berapa sebaiknya memasak, siapa yang memasak dan menu apa yang akan dimasak. Hal ini juga akan memudahkan Anda untuk mengingat stok makanan yang tersedia sebelum kembali memasak, sehingga Anda dapat lebih berhemat.

Singkirkan Barang Berwarna Putih

Area dapur  terbilang cukup padat karena banyaknya orang yang berkegiatan di sana, mulai dari memasak, makan atau sekedar mencari camilan, maka sebaiknya amankan sebaga benda berbahan kain berwarna putih agar tidak terkena noda makanan. Lokasi dapur sebaiknya juga tidak berdekatan dengan lokasi mencuci dan menyetrika agar pakaian yang dicuci dan disetrika tidak terkena aroma bumbu masakan yang dimasak di dapur.

Buat Daftar Inventaris

Agar memudahkan saat mencari maupun menyimpan peralatan dapur, buatlah daftar inventaris peralatan dapur mulai dari jumlah hingga lokasi penyimpanannya. Hal ini sangat penting agar peralatan dapur tidak tercecer, berantakan atau hilang karena tidak disimpan di tempat yang seharusnya.

Jaga Selalu Dapur Tetap Bersih

Usai memasak, pastikan setiap bagian dari dapur sudah dibersihkan sebelum ditinggal. Dan agar pekerjaan tidak terlalu berat, setiap selesai makan, setiap orang wajib untuk mencuci piring atau peralatan makan yang digunakan. Jika tidak maka piring kotor akan menumpuk dan menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Ganti Lap Secara Rutin

Dengan jumlah penghuni rumah yang banyak, maka lap atau serbet yang ada di dapur sudah seperti lap atau serbet yang ada di warung makan. Agar area dapur tetap bersih dan sehat, maka ganti lap dapur secara rutin setiap hari. Selain itu bedakan lap berdasarkan fungsinya, seperti satu untuk mengelap piring, dan satu lagi khusus untuk mengelap meja.

Cek Lemari Es

Dengan jumlah anggota keluarga yang banyak, isi dalam lemari es tentu semakin beragam. Kemungkinan dari salah satu penghuni untuk melupakan makanan apa yang disimpan di dalam lemari es tentu ada. Oleh karena itu lakukan pengecekan setiap satu minggu sekali. Keluarkan makanan atau bahan makanan yang sudah tidak dapat digunakan agar lemari es tetap bersih dan tidak overload.

BACA JUGA:
Berbagai Keuntungan Penggunaan Pintu Geser
Mengenal Tiga Zona Dapur Modern

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *