5 Pertanyaan Ini Penting Diajukan Sebelum Membeli Properti

Ilustrasi membeli properti

Bagi setiap orang, tentu memiliki keinginan untuk memiliki properti, baik rumah maupun apartemen. Untuk dapat dengan cerdas memperoleh properti, selain uang, Anda juga harus memiliki pengetahuan yang cukup sebelum membeli properti. Hal ini penting untuk menghindarkan Anda dari kerugian yang ditimbulkan selama dan setelah proses pembelian berlangsung. Sebaiknya Anda tidak terlalu terburu-buru dalam menentukan dan menandatangani akta jual beli properti sebelum enam pertanyaan ini Anda ajukan. Apa saja pertanyaan tersebut dan mengapa penting untuk ditanyakan? simak penjelasannya berikut ini.

Tanyakan Laporan Penjualan Terbaru Pada Agen atau Pengembang

Saat Anda datang untuk pertama kali ke kantor agen atau pengembang properti, hal pertama yang harus Anda minta adalah laporan penjualan terbaru. Dengan mengetahui hasil laporan penjualan properti terbaru yang dimiliki pengembang, Anda akan mengetahui kredibilitas dari agen atau pengembang properti tersebut. Berikut beberapa cara lain untuk ketahui kredibilitas pengembang. Anda juga dapat menanyakan nilai investasi dari properti tersebut untuk mengetahui Return of Investment yang memungkinkan.

Cari Tahu Kendala Pemasaran Yang Dihadapi Pengembang

Pertanyaan kedua adalah permasalahan apa saja yang dihadapi pengembang selama proses pemasaran berlangsung, apa saja hambatan yang mereka hadapi. Hal ini untuk mengetahui masalah apa saja yang nantinya mungkin akan Anda hadapi, seperti izin yang belum keluar, atau kendala lahan lain yang mungkin muncul.

Bagaimana Daya Saing Properti di Pasaran

Anda juga harus mengetahui daya saing properti yang akan Anda beli di pasaran. Hal ini sangat berpengaruh pada nilai investasi mendatang. Selain itu biasanya dalam memasarkan produknya, pengembang akan melakukan berbagai cara agar properti mereka dapat terjual dengan baik. Anda dapat melihat kapan mereka mulai melakukan pemasaran hingga saat Anda berkunjung, seperti apa usaha mereka dan bagaimana hasilnya.

Selain menanyakan beberapa hal kepada agen atau pengembang properti, ada beberapa pertanyaan yang juga penting Anda ajukan pada diri Anda sendiri, yakni:

Apakah Anda Benar Mampu Membeli?

Motivasi memiliki hunian antar individu berbeda tingkatannya dengan individu lain. Beberapa ingin memiliki properti sebagai hunian, beberapa yang lain sebagai aset atau investasi. Bertanyalah pada diri Anda sendiri apakah Anda benar-benar mampu untuk membeli properti. Membeli properti baik rumah maupun apartemen adalah proses yang panjang dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Kalkulasi setiap dana yang ada sehingga di masa depan Anda tidak mengalami kredit macet.

Apakah Anda Nyaman Dengan Lokasinya?

Mengetahui apakah Anda nyaman dan menyukai lokasi properti tersebut sangatlah penting karena berhubungan dengan kepuasan yang Anda peroleh di masa depan. Rumah atau apartemen yang Anda beli tentunya Anda gunakan untuk tempat tinggal, jadi jangan abaikan faktor kenyamanan. Harga murah tidak menjadi patokan karena kenyamananlah yang paling utama. Apa gunanya memperoleh properti murah tetapi jauh dari fasilitas umum?

BACA JUGA:
Hal Sederhana yang Mampu Dongkrak Harga Jual Apartemen
Cerdas Pilih Kredit Kepemilikan Apartemen (KPA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *