Keren! Belanda Punya Rumah Terapung Anti Banjir

belanda1

Belanda merupakan salah satu negara dengan topografi unik, dimana garis permukaan air laut di sekitar negara tersebut lebih tinggi dari daratan. Bisa dikatakan Belanda merupakan negara yang daratannya berada di bawah permukaan air laut.

Dengan topografi yang unik tersebut, tentu saja membuat negara tersebut memiliki kendala umum yakni banjir akibat air laut yang pasang. Agar tidak berlarut-larut dalam masalah banjir, para pengembang properti di negara kincir angin tersebut menciptakan desain hunian unik yang anti banjir.

belanda3

Salah satu proyek pembangunan properti yang sedang banyak diperbingcangkan saat ini adalah pembangunan rumah terapung di Waterbuurt. Rumah-rumah yang dibangun dalam proyek ini menggunakan konstruksi beton sebagai penyangga struktur baja ringan. Dan agar beban bangunan tidak terlalu berat, material yang digunakan untuk struktur ruangan dan lantai adalah panel kayu.

Jika rumah pada umumnya kamar tidur diletakkan di lantai atas, berbeda dengan rumah terapung ini. Lantai bawah digunakan sebagai kamar tidur dan kamar mandi, sedangkan lantai atas difungsikan untuk ruang tamu. Uniknya lagi tidak terdapat garasi mobil atau car port di rumah terapung ini. Sebagai gantinya terdapat deck yang digunakan untuk menyandarkan perahu motor kecil.

belanda2

Rumah terapung ini pun terbilang memiliki ukuran yang kecil, yakni tidak boleh melebihi 6,5 meter. Seperti layaknya perumahan, akan dibangun pula beberapa fasilitas umum seperti sekolah, toko, pusat rekreasi dan restoran untuk melengkapi proyek pembangunan properti unik tersebut.

Sebenarnya proyek perumahan terapung ini bukanlah yang pertama kali di bangun di Belanda. Pada tahun 2005 silam, perumahan dengan konsep sejenis sudah pernah dibangn di Amsterdam dengan total rumah sebanyak 32 unit. Melihat keberhasilan yang dicapai dari pengembangan proyek hunian terapung di Belanda, beberapa negara lain mulai meniru dan menerapkan konsep yang sama.

BACA JUGA:
Berbagai Kombinasi Warna Untuk Percantik Tampilan Dapur
3 Rumah Ini Miliki Konsep Tak Biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *