Tips Memilih Warna Cat Eksterior Hunian Yang Tepat

warna

Selain memperhatikan interior hunian demi kenyamanan, eksterior hunian pun tidak boleh luput dari perhatian. Pasalnya tampilan eksterior hunian dapat memberikan kesan pertama yang baik saat ada orang atau tamu yang berkunjung ke rumah Anda.

Oleh karena itu memilih warna cat eksterior rumah sangat penting untuk dilakukan agar tampilan hunian Anda maksimal. Berikut beberapa tips untuk menentukan warna cat eksterior yang tepat agar hunian Anda tampak keren.

Lakukan Riset Kecil

Saat membeli cat, biasanya penjual akan menunjukkan pilihan warna melalui katalog warna. Sayangnya tidak jarang warna yang ditampilkan di katalog tidak sesuai dengan warna asli dari cat tersebut. Oleh karena itu untuk memastikan warna yang dipilih sesuai dengan keinginan, belilah cat dengan kaleng berukuran kecil untuk di coba di area ekterior hunian yang tidak terlalu terlihat.

Selain itu Anda juga dapat mencari inspirasi untuk memilih warna melalui foto-foto desain eksterior yang ada di internet atau dengan sekedar berjalan-jalan di area kompleks perumahan. Dengan demikian Anda akan mendapatkan inspirasi tambahan dalam menentukan warna yang pas.

Pertimbangkan Bentuk dan Ukuran Hunian

Secara visual, warna dapat mengubah persepsi terhadap ukuran. Untuk itu, dalam pemilihan warna cat eksterior hunian, Anda perlu mempertimbangkan bentuk dan ukuran dari hunian. Warna terang akan memberikan kesan luas, sedangkan warna gelap akan memberikan visual yang sempit.

Perhatikan Elemen Arsitektural

Beberapa gaya arsitektural yang biasa diterapkan pada hunian memiliki pola cat eksterior tersendiri untuk memperkuat gaya arsitektur tersebut. Seperti misalnya hunian bergaya Tudor, Mediteranian, atau Tradisional. Dalam memilih warna Anda juga perlu mempertimbangkan permukaan eksterior hunian yang bersifat permanen, seperti atap sirap, batu, jalur dan juga jalan masuk.

Pertimbangkan Lansekap Hunian

Untuk memperoleh tampilan eksterior yang maksimal, maka perlu mengkoordinasikan warna antara bangunan dan juga lansekap bangunan. Tone warna tanah akan sangat cocok jika lansekap hunian dikelilingi dengan tanaman. Sedangkan hunian dengan lansekap bunga berwarna-warni, warna pastel dapat menjadi latar yang tepat.

Gunakan Lebih Dari Satu Warna

Tampilan eksterior hunian akan tampak lebih harmonis jika terdapat beberapa pilihan warna yang saling melengkapi. Biasanya terdapat tiga bidang utama yang akan diberi warna, yakni warna utama pada dinding, warna aksen pada pintu, jendela dan area kecil, dan warna lis untuk jendela dan pintu.

BACA JUGA:
Mengintip Kediaman Rancangan Istri John F. Kennedy
Tips Agar Hunian Tetap Rapi Saat Tinggal Bersama Binatang Peliharaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *