Aturan Feng Shui Untuk Kamar Anak

kamar-anakanak

Ilmu feng shui biasa diterapkan pada rumah atau apartemen dengan harapan para penghuninya dapat memperoleh hal-hal baik dari hunian tersebut. Aturan feng shui tidak hanya mengatur tata letak ruangan saja, tetapi juga interior dari ruangan tertentu, seperti dapur, kamar mandi, kamar tidur dan juga kamar anak.

Agar anak dapat berkonsentrasi penuh saat belajar, feng shui menyarankan agar kamar tidur dan ruang belajar untuk dipisahkan. Namun terkadang karena keterbatasan ruang, dua lokasi tersebut tidak jarang dilebur menjadi satu. Jika memang kondisinya demikian, feng shui pun memberikan solusi yang dapat Anda terapkan pada kamar anak Anda.

Posisi Ranjang

Tidak disarankan untuk meletakkan ranjang sejajar dengan pintu kamar. Sebaiknya ranjang diletakkan secara diagonal dari pintu kamar. Hal ini berfungsi agar anak dapat memperoleh sudut pandang yang lebih luas dan juga dapat melihat ketika ada orang yang masuk ke dalam kamarnya. Selain itu tidak disarankan pula untuk meletakkan ranjang di bawah jendela agar debu yang masuk tidak langsung menempel pada ranjang.

Hindari Bunkbed

Keterbatasan ruang terkadang juga membuat para orang tua terpaksa menempatkan anak-anaknya pada satu kamar. Jika anak Anda harus berbagi kamar dengan saudaranya, maka sebaiknya sediakan dua ranjang atau ranjang susun yang tidak terlalu tinggi. Hindari menggunakan bunkbed atau ranjang susun tinggi karena anak yang tidur di sisi atas akan merasa tidak nyaman karena areanya lebih sempit dan wajahnya terlalu dekat dengan plafon.

Pasang Cermin

Selain dapat membuat tampilan ruangan menjadi lebih luas secara visual, cermin juga dapat memicu rasa percaya diri pada anak. Pasang cermin yang tingginya sesuai dengan tinggi anak dan pastikan anak dapat melihat bayangan tubuhnya secara sejajar.

Foto Kenangan

Tidak jarang anak ingin memasang poster idola di dinding kamar mereka. Hal ini sah-sah saja untuk dilakukan. Namun yang perlu diingat sebaiknya ukuran poster tersebut tidak terlalu besar. Feng shui sangat menyarankan untuk memasang foto-foto diri dan keluarga pada kamar anak. Foto-foto tersebut dapat memunculkan rasa dicintai dan diperhatikan pada diri anak.

Tentukan Warna

Sebaiknya hindari pemilihan warna terang untuk cat dinding kamar anak. Gunakan warna-warna netral seperti pastel atau krem. Untuk memberikan kesan ceria, Anda dapat memilih perabot atau furniture dengan warna yang lebih terang. Untuk memberikan kesan luas, Anda dapat memilih karpet dengan warna yang lebih muda dibandingkan warna sprei dan dinding.

BACA JUGA:
Tips Memilih Warna Cat Eksterior Hunian Yang Tepat
Mengintip Kediaman Rancangan Istri John F. Kennedy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *