Pilihan Warna Kamar Untuk Stimulasi Perkembangan Si Kecil

kamarbayi

Berbagai persiapan untuk menyambut kehadiran sang buah hati dilakukan oleh calon orang tua baru, mulai dari membeli perlengkapan bayi, pakaian, mainan hingga menyiapkan kamar khusus untuk si kecil di rumah maupun apartemen. Biasanya kamar bayi tidak jauh dari nuansa merah muda dan biru muda.

Hal ini dikarenakan kamar tersebut didesain berdasarkan jenis kelamin sang buah hati. Namun tahukah Anda jika warna dapat mempengaruhi peningkatan daya pikir dan membuat otaknya semakin berkembang?

Oleh karena itu beberapa orang memilih untuk menyesuaikan warna kamar bayi dengan pertambahan usianya. Lantas warna-warna apa saja yang dapat dipilih sesuai dengan usia bayi? Berikut penjelasannya.

Usia 0-3 Bulan

Pada usia 0 hingga 3 bulan, si kecil hanya dapat melihat warna hitam, putih dan abu-abu saja. Hal ini dikarenakan penglihatannya belum berkembang secara maksimal. Anda dapat memilih warna monokrom untuk dinding kamar si kecil. Sediakan beberapa pernak-pernik seperti mainan dan boneka warna hitam, putih, dan abu-abu untuk merangsang stimukasi visualnya.

Usia 3-6 Bulan

Di usia ini bayi sudah dapat melihat warna dengan lebih jelas. Oleh karena itu untuk merangsang kreativitasnya, Anda dapat menghadirkan warna-warna cerah sebagai ornamen di kamarnya, seperti boneka, bantal atau wall sticker bergambar dan berwarna cerah. Jangan takut untuk menggunakan warna terang seperti merah, oranye, kuning dan yang lainnya.

Usia 6-12 Bulan

Menginjak usia 6 hingga 12 bulan, si kecil akan mulai mengenali konsep warna muda dan tua. Di sini Anda dapat mulai memperkenalkan gradasi warna pada anak. Mulailah pada ornamen-ornamen yang ada di kamarnya, seperti selimut, bed cover atau karpet. Anda juga dapat menambahkan lampu-lampu glow in the dark untuk membuat imajinasinya semakin berkembang.

Usia 1-2 Tahun

Seiring dengan bertambahnya usia si kecil, maka ia akan mulai memahami skema warna, seperti rumput yang berwarna hijau, langit yang berwarna biru dan sebagainya. Agar kreatifitas anak semakin berkembang, Anda dapat menghadirkan nuansa alam di kamar tidurnya dengan memasang wall sticker bergambar pepohonan dan tanaman. Anda juga dapat mengajakanak untuk memasang hasil karyanya di dinding kamar, seperti lukisan atau gambar tokoh yang disukai.

BACA JUGA:
Trik Belanja Perabot Secara Pintar Untuk Hemat Pengeluaran
Trik Mengisi Apartemen Baru Tanpa Menguras Kantong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *